10 Tips Parkir Mobil di Tempat yang Sempit

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 December 2023

10 Tips Parkir Mobil di Tempat yang Sempit

momobil.id – Tidak semua tempat memiliki lahan parkir yang luas. Tempat seperti garasi rumah, atau lahan parkir yang sempit terkadang menjadi tantangan bagi setiap pengemudi. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, bodi mobil akan tergores, bahkan dapat mengganggu pengemudi lainnya. Oleh karena itu, simak terlebih dahulu tips parkir mobil di tempat sempit di bawah ini!

1. Tenang, Fokus, dan Percaya Diri

Salah satu tips parkir mobil di tempat sempit adalah tetap tenang dan fokus. Tetaplah tenang dan perhatikan situasi sekitar. Dengan rasa percaya diri dan fokus, pengemudi dapat mengatasi tantangan parkir mobil di tempat yang sempit.

2. Pertimbangkan Luas Area Parkir

Sebelum memilih tempat parkir, nilailah tempat parkir yang tersedia. Pertimbangkan luas area parkir, apakah tempat tersebut cukup luas untuk memarkir satu mobil atau tidak. Hindari memaksakan parkir di tempat tersebut jika lahan tidak cukup luas untuk dimensi mobil. Pengemudi dapat menggores bodi mobil atau merusak cat dinding tempat parkir jika dipaksakan.

3. Buka Jendela Kendaraan

Agar pengemudi dapat lebih mudah memperhatikan situasi sekitar, disarankan untuk membuka jendela kendaraan. Pengemudi dapat lebih jelas melihat sekeliling mobil dan memperkirakan jarak dengan objek di sekitar lahan parkir. Hal ini tentunya dapat menghindari mobil terbentur dengan objek lain.

Selain itu, membuka jendela mobil juga memudahkan pengemudi mendengar situasi di sekitar lahan parkir, atau petunjuk dari orang yang membantu memarkirkan kendaraan. Meskipun demikian, pengemudi perlu tetap berhati-hati ketika membuka jendela kendaraan, terutama di tempat ramai.

4. Gunakan Kaca Spion Mobil

Agar pengemudi lebih mudah memperhatikan situasi di sekitar lahan parkir saat mundur, manfaatkan kaca spion mobil. Mobil memiliki tiga kaca spion, yaitu pada bagian kanan, kiri, dan tengah. Kaca spion kanan dan kiri berfungsi untuk melihat sisi kanan dan kiri area ruang parkir, sementara spion tengah membantu pengemudi melihat ke area belakang.

5. Menentukan Patokan

Saat hendak memasuki area lahan parkir, carilah patokan yang dapat mengatur posisi mobil. Patokan tersebut bisa berupa garis pembatas, tiang, mobil lain, atau objek yang berada di sekitar lahan parkir. Ketika hendak memarkir mobil, perhatikan posisi patokan dan perkirakan jarak dan sudut yang diperlukan untuk memarkir mobil. Adanya patokan berfungsi untuk menghindari risiko benturan pada objek di sekitar lahan parkir, dan manuver mobil menjadi lebih tepat.

Baca Juga: Tips Parkir Mundur yang Benar Bagi Pengemudi Pemula

6. Gunakan Sensor Parkir atau Fitur Kamera Belakang Mobil

Untuk mempermudah parkir di tempat yang sempit, pengemudi juga bisa menggunakan fitur pada mobil tersebut, yaitu sensor parkir dan kamera belakang. Sensor parkir akan memberikan peringatan berupa suara ketika mobil hendak bersentuhan dengan objek lain di sekitar tempat parkir. Sementara kamera belakang membantu pengemudi untuk melihat dengan jelas keadaan di belakang mobil, serta memperkirakan jarak dengan objek lain.

7. Pastikan Ada Sisa Ruang untuk Akses Keluar-Masuk Pengemudi dan Penumpang

Ketika memarkir mobil di tempat yang sempit, pengemudi juga perlu memastikan adanya sisa ruang untuk akses keluar masuk. Sediakan ruang yang cukup di sekitar mobil, baik di sisi pengemudi maupun penumpang agar akses lebih mudah. Dengan demikian, pengemudi dan penumpang dapat lebih mudah membuka pintu tanpa menggores bodi mobil.

8. Pastikan Tidak Menghalangi Pengendara Lain

Beberapa pengemudi tidak memperhatikan kondisi di sekitar area ketika memarkir kendaraannya di tempat yang sempit. Hal ini tentu dapat mengganggu pengedara lain. yang melewati area sekitar tempat parkir. Oleh karena itu, pastikan mobil tidak menghalangi jalan pengendara lain.

9. Menggunakan Karet Pelindung pada Mobil

Bodi mobil bisa saja tergores ketika memarkir di tempat yang sempit. Untuk mencegah hal ini, ada baiknya untuk memasang karet pelindung di beberapa sisi mobil. Beberapa bagian yang biasanya dipasang karet adalah ujung pintu mobil, bumper depan, dan bumper belakang. Karet pelindung mobil dapat mudah ditemukan di toko aksesoris kendaraan, atau marketplace online.

10. Periksa Kembali Kondisi Mobil Setelah Parkir

Setelah berhasil memarkirkan mobil di tempat sempit, periksa kembali kondisi mobil setelah diparkir. Pastikan posisi mobil aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Apabila posisinya sudah pas, segera tarik rem tangan agar mobil aman.

mobil terkait

Rp 198.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG


Kembali ke atas