12 Tips Membeli Mobil Pertama yang Tepat untuk Pemula

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 June 2023

12 Tips Membeli Mobil Pertama yang Tepat untuk Pemula

momobil.id – Membeli mobil pertama merupakan pengalaman yang menarik sekaligus menantang. Memilih mobil tentu membutuhkan pemikiran dan perencanaan agar mobil yang didapat cocok dan sesuai kebutuhan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membeli mobil pertama bagi pemula. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

1. Tentukan Anggaran atau Budget

Sebelum membeli mobil, salah satu hal yang dipertimbangkan adalah berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk membeli mobil. Tentukan anggaran yang realistis, sesuai dengan kondisi keuangan. Selain budget untuk membeli mobil, pertimbangkan pula biaya tambahan seperti pemeliharaan, pajak, asuransi, dan bahan bakar.

2. Pertimbangkan dengan Kebutuhan

Setelah menentukan anggaran untuk membeli mobil, calon pembeli harus mempertimbangkan kebutuhannya. Cari tahu terlebih dahulu apakah mobil digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, bepergian jauh, atau untuk menempuh medan yang ekstrem.

Selain itu, tentukan pula kapasitas dari mobil. Apabila membutuhkan mobil dengan daya angkut yang besar, maka belilah mobil yang besar. Jika membutuhkan mobil yang cocok digunakan untuk melewati gang sempit dan parkir mudah, maka pilih mobil dengan ukuran yang lebih kecil.

3. Memilih Jenis Mobil

Di pasaran, terdapat beragam jenis mobil. Jenis mobil yang saat ini beredar meliputi sedan, hatchback, SUV, MPV, coupe, convertible, dan station wagon. Bagi yang membutuhkan ruang yang luas, bisa memilih mobil dengan jenis station wagon dan MPV. Jika membutuhkan mobil yang mampu melewati medan ekstrem, SUV bisa menjadi pilihan. Sementara untuk bepergian di dalam kota bisa memilih mobil jenis sedan, hatchback, atau coupe.

4. Riset Terlebih Dahulu Sebelum Memutuskan Membeli Mobil

Lakukan riset terlebih dahulu untuk memutuskan mobil yang akan dibeli. Calon pembeli bisa membaca ulasan terlebih dahulu, dan membandingkan fitur dan harga. Pilihlah mobil dengan harga yang sesuai anggaran, serta memiliki fitur hiburan dan fitur keselamatan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan.

5. Pertimbangkan Merek dan Aftersales

Pastikan memilih merek dan model mobil yang terpercaya. Sebelum membeli mobil, calon pembeli bisa membaca ulasan dan rating mobil dari sumber terpercaya. Selain itu, bandingkan pula keunggulan dari merek mobil yang diminati dengan merek mobil lain.

Selain memilih merek yang pas, calon pembeli juga wajib mempertimbangkan jaringan bengkel perusahaan otomotif tersebut dan aftersales. Jaringan bengkel yang luas dapat membantu saat mobil membutuhkan perbaikan. Sementara aftersales yang bagus dapat memberikan kemudahan dalam perawatan mobil.

6. Perhatikan Harga Jual Kembali

Apabila mobil tersebut akan dijual setelah beberapa tahun pemakaian, perhatikan harga jual kembali. Ketika hendak membeli mobil baru, cobalah untuk memeriksa harga mobil bekasnya di pasaran. Hal ini dapat memberikan gambaran pasaran harga bekasnya.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga jual mobil. Diantaranya kelengkapan dokumen, warna kendaraan, riwayat perawatan, dan kondisi fisik mobil.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

7. Periksa Keadaan Mobil

Pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh sebelum membelinya. Bagian yang diperiksa meliputi mesin, sistem rem, kaki-kaki, dan kondisi interior.

Bagi yang ingin membeli mobil bekas sebagai mobil pertama, maka ajaklah mekanik atau teman yang berpengalaman dalam otomotif. Hal ini dapat membantu calon pembeli untuk memilih mobil yang pas dan dalam kondisi prima.

8. Melakukan Uji Coba Kendaraan

Salah satu tips membeli mobil pertama untuk pemula adalah melakukan uji coba. Sebelum membeli, cobalah mengemudi mobil di berbagai kondisi jalan. Periksa kenyamanan kabin, sistem rem, dan fitur lain pada mobil.

9. Pelajari Opsi Pembiayaan

Sebelum membeli mobil, pastikan untuk mempelajari opsi pembiayaan yang ditawarkan. Cari opsi pembiayaan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Selain itu, bandingkan pula suku bunga, persyaratan pembayaran, dan biaya terkait.

10. Pertimbangkan Asuransi

Asuransi merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli mobil. Biaya perbaikan mobil di bengkel tentu dapat diminimalisir dengan adanya asuransi. Pilihlah asuransi yang menawarkan perlindungan sesuai dengan kebutuhan dengan premi yang wajar.

11. Mempertimbangkan antara Mobil Baru dan Bekas

Mobil baru dan mobil bekas bisa menjadi pertimbangan ketika membeli mobil pertama bagi pemula. Meskipun demikian ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Bagi pemula, biasanya pemahaman tentang mesin dan kepemilikan mobil belum mendalam. Oleh karena itu, pemula disarankan untuk membeli mobil baru yang kondisinya masih prima.

Apabila ingin memilih mobil bekas, pastikan untuk memeriksa riwayat pemeliharaan dan perbaikan, serta memastikan mobil dalam kondisi baik. Ajak teman yang mengerti otomotif lebih dalam atau teknisi ketika hendak membeli mobil bekas.

12. Periksa Dokumen dan Prosedur

Pastikan untuk memeriksa semua dokumen yang terkait dengan kendaraan. Misalnya seperti BPKB, STNK, sertifikat, dan faktur. Selain itu, pahami pula prosedur kepemilikan dan pembayaran pajak mobil.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pemula dalam memilih mobil pertama. Bagi yang sedang mencari mobil baru,  dan bekas, bisa cek di momobil.id! Terlebih kini momobil.id sedang memberikan penawaran menarik untuk pembelian mobil baru dan bekas di Jakarta Fair 2023 lho! Untuk informasi lebih lanjut, klik  di sini!

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

JEMBER

Rp 135.000.000

Individu

JEMBER

Rp 99.000.000

Individu

JEMBER

Rp 88.000.000

Individu

JEMBER

Rp 72.000.000

Individu

JEMBER

Rp 160.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas