Nah! Ini Dia 2 Cara Mengosongkan Tangki Bensin

Ditulis oleh : admin | 17 February 2017

Nah! Ini Dia 2 Cara Mengosongkan Tangki Bensin

Tangki mesin mobil, layaknya bak mandi, sesekali harus dikuras untuk alasan-alasan tertentu, seperti: tangki kotor, salah isi bahan bakar, atau hendak dikirim melalui jasa ekspedisi (kereta). Untuk alasan yang terakhir, biasanya dilakukan jika Anda hendak mengirim mobil bekas Anda ke pemilik baru yang lokasinya berbeda kota atau pulau untuk alasan keselamatan.

Nah, jika Anda terpaksa harus menguras atau mengosongkan tangki bensin dan ingin mencoba keahlian Anda dalam mengurus mobil sendiri, maka Anda bisa mencoba dua cara berikut. Seperti apa caranya? Simak penjelasannya:

Menguras Tangki Bensin Langsung dari Tangkinya

https://www.youtube.com/watch?v=HlAwwwqNq_I

Cara yang paling umum dilakukan ketika hendak menguras bensin adalah dengan melepas tangki bensin dari sasis mobil dan membersihkannya setelah dikuras. Untuk melakukan cara ini, Anda perlu mencopot beberapa bagian yang saling terhubung seperti sambungan fuel pump, selang bensin, serta baut-baut yang mengunci tangki bensin agar tidak terlepas. Adapun alat-alat yang perlu persiapkan adalah:

  • Obeng
  • Kunci sok 15 & 16
  • Dongkrak
  • Kain lap bersih

Untuk langkah-langkah pencabutan serta pencopotan sambungan-sambungan tersebut, Anda bisa melihat video di atas. Contoh kasus yang digunakan dalam video tersebut adalah Toyota Innova.

Menyedot Bahan Bakar Menggunakan Penyedot Bahan Bakar

tangki bensin
Source: Toko One

Jika Anda tidak ingin repot-repot menguras dan melepas tangki bensin, tenang, ada cara yang lebih praktis. Anda bisa membeli dan memakai pompa penyedot bahan bakar yang berguna untuk menyedot bahan bakar melalui saluran pengisian bakar, sehingga Anda tidak perlu melepas tangki bensin dari sasis mobil.

Namun, jika Anda memakai pompa manual, proses pengurasan akan terasa lama dan melelahkan karena harus terus memompa. Untuk itu, jika bukan karena salah isi bahan bakar, Anda dianjurkan untuk memakai mobil sampai bensin hampir mendekati habis agar proses pengurasan tidak terlalu lama.

Baca Juga : 4 Alasan Kenapa Mobil Eropa Relatif Murah

Kedua cara di atas bisa dilakukan jika Anda tidak mau pergi ke bengkel untuk menguras tangki bensin. Namun, ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan ketika hendak menguras tangki bensin. Jika masalahnya diakibatkan oleh salah mengisi bahan bakar (mobil bermesin diesel diisi bensin bukan solar, contohnya) maka jangan jalankan mobil Anda dan segera menguras tangki bensinnya, agar mencegah kerusakan pada mesin mobil. Selain itu, pastikan juga Anda tahu bagaimana untuk melepas serta memasang tangki bensin dengan benar agar tidak terjadi kebocoran ketika hendak diisi oleh bensin kembali.

mobil terkait

Rp 178.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas