2019 Ganti Mobil? Tukar Tambah Mobil Bekas Saja!

Tips and Trick | Mobil Bekas

Munculnya mobil-mobil baru suka membuat iri pemilik mobil lama. Namun untuk menggantinya, dibutuhkan biaya yang tak sedikit dan usaha yang tak sebentar. Ada dua opsi untuk mengganti mobil lama dengan mobil baru. Pertama, jual mobil lama kemudian beli mobil baru dengan cara konvensional. Dan yang kedua, tukar tambah mobil bekas.

Pilihan pertama bisa dilakukan jika tak ada masalah waktu untuk mendapatkan mobil baru. Karena biasanya menjual mobil, butuh waktu lama untuk laku. Lalu pilihan kedua tukar tambah mobil bekas dalam hal ini mempunyai dua maksud: mobil lama ditukar dengan mobil second, dan mobil lama ditukar dengan mobil keluaran terbaru.

Sebagian besar peminat ganti mobil sangat besar di Indonesia. Survei Nielsen tahun 2014 saja menyebutkan Indonesia menempati peringkat kedua soal keinginan ganti mobil. Peringkat teratas diduduki Filipina. Nielsen mengambil responden sejumlah 30 ribu konsumen dari 60 negara secara online.

Tukar tambah mobil lama ke baru terbilang ringan cara pembiayaannya. Mobil lama yang Anda miliki ditukar dengan mobil baru yang Anda ingini. Mobil lama Anda dinilai harga bekasnya, kemudian Anda tinggal menambahkan sejumlah uang untuk menambah harga beli mobil baru atau pengganti. Misalkan harga mobil lama Anda dihargai bekas senilai Rp 90 juta, sedangkan mobil baru yang Anda inginkan bernilai Rp 135 juta, maka Anda tinggal menambah Rp 45 juta.

Terlebih pembeli saat ini cenderung cari aman dan tak mau repot. Daripada keluar biaya iklan mobil yang hendak dijual, lebih baik mendatangi dealer untuk menakar harga mobil lama sekaligus memilih mobil baru penggantinya.

Banyak showroom mobil yang menawarkan keuntungan bagi pemakai transaksi tukar-tambah. Meskipun demikian, harus selektif dengan penawaran tersebut. Sebab dibutuhkan pengetahuan untuk menakar harga mobil lama Anda sesuai harga pasaran. Jika menukarnya untuk mendapatkan mobil keluaran terbaru, maka hal tersebut tak akan masalah. Sebab mobil keluaran terbaru sudah punya standar harga yang diketahui oleh umum.

Tetapi jika Anda ingin mengganti mobil lama dengan mobil pengganti dalam kondisi bekas, dibutuhkan pengetahuan lebih untuk menakar harga mobil bekas penggantinya. Sebab ada permainan showroom mobil bekas yang melakukan promo tukar tambah ternyata sudah menaikkan lebih dahulu harga mobil bekas pengganti dengan harga di atas pasaran.

Langkah-langkah yang dilakukan sebelum tukar tambah mobil adalah cari tahu dulu harga pasaran mobil yang Anda incar, sekaligus taksiran wajar untuk mobil lama yang hendak ditukar. Kemudian pilih showroom yang memiliki reputasi baik yang bisa didapat lewat rekomendasi maupun penawarannya.

Ketahui juga latar belakang dan jaminan yang bisa diberikan penjual itu. Pastikan nilai yang ditawarkan sesuai dengan kualitas kendaraan. Jika beberapa showroom sudah didukung tenaga mekanik untuk menaksir harga mobil sesuai keadaan, bawa juga montir pribadi untuk cross check kebenaran taksiran tersebut.

Motif penggantian mobil lama ke mobil baru, umumnya dilakukan dengan alasan ingin mengganti mobil tahun lama dengan tahun terbaru dengan merek dan unit yang sama. Contoh adalah dari Innova lama beralih ke Innova baru, dari Avanza lama ke Avanza baru, atau langsung ke Innova. Untuk motif tukar tambah dengan merek dan jenis lain lebih minor. Misalkan dari LCGC lompat ke low MPV, SUV, atau hatchback.

Pola konsumen tukar tambah atau trade-in mobil bekas berbeda dengan konsumen yang beli mobil baru. Kebanyakan pola konsumen yang melakukan trade-in mobil bekas itu sudah nyaman dengan jenis mobil yang digunakannya, hingga tukar tambah yang dilakukan hanya untuk mengganti mobil dengan tahun yang lebih baru.

Dunia e-commerce yang terus berkembang mendukung transaksi tukar tambah mobil bekas. Kemudahannya berupa sistem pengecekan online via fitur tukar tambah yang disediakannya. Misalkan saja Anda ingin tukar tambah mobil bekas di momobil.id, maka Anda tinggal masuk ke dalam alamat https://momobil.id/trade-in. Isi kolom dalam aplikasinya, jenis dan tahun keluaran mobil Anda, kemudian masukkan pula jenis dan tahun keluaran mobil yang Anda inginkan. Setelah itu, isi biodata singkat berupa nama dan nomor handphone yang bisa dihubungi. Langkah terakhir, klik tombol “Ajukan Tukar Tambah.”

Selamat meng-upgrade mobil Anda di momobil.id!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Photo: iStock

Berita Terbaru

  • 3 Jenis Mobil Yang Bikin Mudik Lebih Hemat
    • 16 Apr 2019
  • Mobil Kecil Jadi Trend Buat yang Muda
    • 09 Apr 2019
  • 4 Modifikasi Mobil Unik di Indonesia – Dari Batman Hingga Fast Furious
    • 01 Apr 2019
  • Deretan Mobil Mewah Pilihan Miliuner Muda
    • 31 Mar 2019
  • 4 Tips Mengatasi Phobia Mengemudi Mobil
    • 30 Mar 2019