3 Cara Mengasuransikan Mobil Bekas

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 26 September 2018

3 Cara Mengasuransikan Mobil Bekas

Tips and Trick Asuransi Mobil | Mobil Bekas

Banyak alasan yang dapat menjadi pertimbangan mengapa seseorang lebih memilih membeli mobil bekas dibanding dengan mobil baru. Harga yang lebih murah, faktor suka dengan jenis dan merk mobil tertentu, ingin mewujudkan mimpi memiliki mobil idaman, dan masih banyak lagi. Sayangnya, kebanyakan mobil bekas tidak dilengkapi dengan asuransi. Jangan berpikir bahwa karena mobil sudah bekas maka tidak lagi butuh asuransi. Sebelum mengasuransikannya, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan:

 Tipe dan jenis mobil

Sangat penting untuk menentukan jenis asuransi seperti apa yang akan Anda pilih untuk kendaraan Anda. Tentunya Anda akan lebih memilih asuransi dengan perlindungan menyeluruh jika mobil yang Anda beli belum terlalu tua, dan masih dalam kondisi baik seperti baru. Dibandingkan jika Anda membeli mobil bekas dengan harga murah yang sudah berumur dan tidak dalam kondisi prima.

Jenis asuransi dan manfaat perlindungan

Ada beberapa jenis asuransi yang dapat Anda pilih untuk mobil Anda, seperti asuransi TLO (Total Lost Only) dan asuransi all risk. Di sini Anda harus memikirkan dengan baik mana yang dapat lebih menguntungkan Anda dalam jangka waktu yang panjang. Cari tahu terlebih dahulu jenis asuransi yang Anda butuhkan, dan pertimbangkan untung ruginya. Carilah asuransi yang nilainya tidak terlalu mahal, namun memberi manfaat sesuai kebutuhan Anda.

Perhatikan faktor over insured dan under insured

Untuk mendapatkan premi yang lebih murah, Anda bisa mengajukan nilai pertanggungan di bawah harga pasar atau under insure. Konsekuensinya, nilai pertanggungan yang Anda terima untuk mobil Anda juga akan lebih kecil. Nah, Anda juga bisa mengajukan nilai pertanggungan di atas harga pasar untuk memperoleh nilai pertanggungan yang lebih besar, atau over insure.

Keberadaan asuransi sangat penting untuk setiap pengguna kendaraan, apalagi jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta. Pada akhirnya, jenis asuransi apapun yang Anda pilih, pastikan itu yang terbaik untuk mobil Anda dan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh : Redaksi  momobil.id

Foto : iStock

mobil terkait

Rp 355.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 260.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 285.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 289.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 181.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 153.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas