3 Cara Menghemat Bensin Mobil Paling Ampuh

Ditulis oleh : admin | 13 December 2016

3 Cara Menghemat Bensin Mobil Paling Ampuh

Punya mobil sendiri memang punya kebanggaan yang tidak terkira rasanya. Apalagi jika membeli mobil dari hasil keringat sendiri, pastilah sangat menyenangkan dan mobil yang dibeli bisa dipakai kemana saja untuk jalan-jalan. Namun apa kabar jika penggunaan mobil untuk menunjang mobilitas kerja? Nah, banyak yang harus berpikir 5 kali untuk membawa mobil ke kantor, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Dengan keadaan lalu lintas yang macet tentu membawa mobil cukup membuat tenaga terkuras, belum lagi konsumsi bensinnya. Untuk masalah bensin ini, banyak orang yang akhirnya memilih untuk tidak memakai mobil karena alasan borosnya bensin mobil. Tapi tahukah Anda jika ada cara menghemat bensin mobil yang bisa dipraktekkan pada mobil sebelum Anda bepergian.

Cara menghemat bensin mobil
Source: kompas.com

Pada dasarnya semua bensin mobil bisa dihemat, tapi tetap tergantung pada besar CC mesin mobilnya. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara menghemat bensin mobil agar Anda bisa menggunakan mobil untuk mendukung semua mobilitas kemana pun tujuannya, bahkan ke tempat kerja. Bagaimana sih caranya? Cek 5 cara menghemat bensin mobil berikut ini :

1. Bersihkan injektor/karburator mobil Anda

Source: tempo.co

Pernah merasa gas mobil mulai berkurang tarikannya ketika melewati jalan menanjak? Nah, hal ini disebabkan oleh kotornya injektor atau karburator mobil. Biasanya mesin suka tersendat ketika mulai menginjak gas sehingga hal ini membuat kekuatan mesin mobil mendadak berkurang saat menempuh jalan menanjak. Hal ini ternyata menjadi faktor mengapa bensin mobil Anda sangat boros. Ada baiknya Anda menyemprotkan pembersih di injektor dan karburator mobil agar bensin Anda dapat mengalir dengan baik dan tidak tersendat sehingga bensin mobil dapat terpakai secara fungsional. Dengan begitu jarak tempuh dan pemakaian bensin mobil Anda akan berbanding lurus.

2. Ban mobil kurang angin

Source: okezone.com

Faktor apa lagi sih yang membuat mobil berjalan tidak sesuai kapasitasnya? Yakni ban mobil. Anda bisa coba pada motor, jika ban motor kurang angin, maka motor tidak akan berjalan sesuai kapasitasnya. Begitu juga mobil, jika ban mobil kurang angin maka mesin akan bekerja sesuai tarikan gas, namun tidak berjalan sesuai hal tersebut. Nah, oleh karena itu, konsumsi bensin pun akan mengikuti tarikan gas mesin mobil sehingga akan membuat bensin mobil jadi lebih boros. Sebelum Anda bepergian, ada baiknya Anda mengecek ban mobil terlebih dahulu agar mendapatkan jumlah angin yang sesuai. Dengan begitu, kecepatan mobil dan tarikan gas akan sesuai sehingga konsumsi bensin akan lebih sesuai. Hal ini jadi salah satu faktor cara menghemat bensin mobil Anda.

3. Jangan Terlalu Sering Menginjak Rem

Source: otomotifnet.com

Mungkin hal ini sudah umum diketahui sebagai penyebab borosnya bensin. Namun jangan salah paham, bensin boros bukan terletak pada seringnya kita menginjak rem, tapi saat tarikan gas setelah menginjak rem. Nah, bayangkan jika Anda tiap 10 detik menginjak rem, maka borosnya bensin tidak dapat dihindari. Bagaimana jika dalam keadaan macet? Anda bisa memainkan kopling sebagai pengganti rem mobil. Caranya? Cukup menekan kopling beberapa jarak sebelum kemacetan dan kecepatan mobil akan perlahan melambat. Cara ini bisa Anda coba saat menggunakan mobil dalam keadaan macet.

Dengan memperhatikan cara menghemat bensin mobil berikut ini, Anda pasti akan lebih bijak saat menggunakan mobil dan juga tidak perlu khawatir bensin akan lebih boros. Bagi orang yang takut akan bensin boros, saat mengendarai mobil pasti akan lebih sering melihat perimeter bensin dibanding jalanan sehingga cukup membahayakan keselamatan juga jika harus seperti itu. Untuk itu dengan mengetahui informasi ini, semoga bensin mobil Anda jadi lebih hemat dan tidak beban untuk membawanya kemana saja.

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas