3 Cara Menghindari Kredit Mobil Macet

Ditulis oleh : admin | 6 March 2017

3 Cara Menghindari Kredit Mobil Macet

Semakin tinggi mobilitas tentu kebutuhan akan kendaraan pribadi semakin meningkat. Kita tidak bisa selalu mengharapkan kendaraan umum untuk bepergian, sebab pada dasarnya setiap orang pasti akan mencari kenyamanan. Berbicara tentang tingkat kenyamanan, tentu mobil pribadi adalah jawaban yang tepat untuk memberikan kenyamanan tinggi pada setiap penggunanya. Maka dari itu kini banyak diproduksi mobil-mobil murah dan juga leasing yang memberikan jasa kredit mobil agar semua orang dapat memiliki kendaraan roda 4 ini. Faktanya di Indonesia sendiri, membeli mobil dengan cara kredit masih menjadi primadona karena dengan kredit tentu seseorang tidak harus menabung bertahun-tahun untuk memiliki mobil. Nah, apakah Anda pernah mendengar yang namanya kredit mobil macet?

Baca Juga : Apa sih Kelebihan Beli Mobil di Momobil.id?

Bagi Anda yang belum tahu, kredit mobil macet adalah terhentinya cicilan kredit mobil sebelum cicilan lunas sehingga ini merupakan hal yang paling ditakuti bagi orang-orang yang sedang melakukan kredit mobil karena mobil yang dicicil bisa ditarik kembali oleh leasing. Nah, sebenarnya hal ini bisa dihindari, bagaimana cara menghindari kredit mobil macet? Yuk cek di bawah :

1. Sebelum membeli, pastikan mobilnya sehat

Kredit mobil macet
Source: cloudfront.ne

Salah satu faktor utama mengapa kredit mobil macet disebabkan oleh mobil yang Anda cicil sendiri. Maksudnya? Jika Anda membeli mobil bekas yang tidak sehat, tentu akan membutuhkan biaya perawatan tak terduga dengan jumlah besar setiap bulannya sehingga akan menguras keuangan Anda dan akibatnya, uang untuk mencicil malah jadi terpakai. Hal ini sepele, tapi sering terjadi pada orang-orang yang membeli mobil bekas. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk kredit mobil tertentu, pastikan mobil yang Anda beli berkualitas secara mesin, interior, dan eksterior. Dengan mengeceknya terlebih dahulu, tentu kemungkinan biaya keluar tidak terduga bisa diminimalisir.

2. Gunakan simulasi kredit mobil

Mencegah kredit mobil macet
Source: cloudfront.net

Cara menghindari kredit mobil macet lainnya adalah dengan memastikan keuangan akan mampu membayar cicilan sesuai dengan masa tenor yang Anda tentukan. Maka dari itu, simulasi kredit mobil adalah fitur yang tepat. Bagaimana cara membuat simulasi ini? Anda bisa menghitung sendiri atau memakai fitur simulasi kredit mobil bekas yang ada si situs jual beli mobil bekas online seperti di Momobil.id. Apa gunanya simulasi ini? Untuk mengetahui kemampuan finansial Anda dalam memenuhi cicilan dan merencanakan keuangan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat gambaran bagaimana keuangan Anda dalam beberapa waktu ke depan. Tingkat kemungkinan kredit mobil macet pun bisa dihindari nantinya sampai mobil benar-benar lunas.

3. Tetap Siapkan Plan B

Source: redlikeme.ca

Apa sih yang dimaksud dengan plan B ini? Plan B adalah dana tersembunyi yang tetap harus Anda tabung setiap bulannya. Begini, segala kemungkinan bisa terjadi, misalnya sakit. Jika Anda atau keluarga sakit, maka hal ini tentu tidak bisa dihindari dan mau tidak mau harus mengeluarkan biaya. Nah, apa gunanya dana plan B ini? Untuk men-cover dana yang terpakai untuk kebutuhan mendesak. Lagipula, jika tidak ada kebutuhan mendesak, Anda tetap diuntungkan dengan adanya tabungan yang terus berjalan. Jadi apa salahnya menyiapkan dana cadangan? Hal ini juga termasuk salah satu penyelamat kredit mobil macet paling ampuh.

Itulah 3 cara menghindari kredit mobil macet yang bisa Anda gunakan sebelum memutuskan untuk kredit mobil. Dengan persiapan yang matang tentu cicilan setiap bulan akan tetap terbayar hingga masa pelunasan. Jangan sampai Anda melakukan over kredit, karena hal itu hanya akan merugikan Anda saja. Sebab mobil yang over kredit biasanya akan dijual dengan harga yang rendah.


Kembali ke atas