3 Daftar Pameran Mobil 2019 untuk Anda Berburu Keberuntungan

Tips Mobil | Mobil Bekas

Tingginya kebutuhan memiliki sarana transportasi pribadi untuk menunjang segala aktivitas menjadi salah satu alasan paling umum seseorang ingin memiliki mobil sendiri. Bagi yang awam atau pemula, membeli mobil di pameran otomotif besar kemungkinan punya banyak manfaat selain dapat memilih ragam jenis dan merek yang ditawarkan, juga akan mendapatkan sejumlah informasi yang lengkap. Lalu daftar pameran mobil 2019 apa saja yang harus disambangi?

Ada banyak keseruan ketika membeli mobil di pameran otomotif. Utamanya banyak penawaran menarik, dari harga discount, ragam promosi, hingga souvenir limited edition.  Bentuk-bentuk promosi lainnya bisa berupa diskon khusus yang jauh lebih besar dari biasanya, misalnya promo DP murah dengan cicilan ringan, atau prioritas mendapatkan unit lebih cepat. Hal ini dilakukan produsen otomotif di pameran untuk mengangkat penjualannya.

Keuntungan lainnya adalah pilihan yang variatif, karena umumnya produsen mobil menampilkan seluruh produk andalannya. Anda jadi mudah melakukan pertimbangan cepat untuk memilih kendaraan, karena Anda bisa mendapatkan informasi lebih dari APM sekaligus mengetahui keunggulan dan kekurangan mobil yang hendak dibeli.

Di sisi lain, calon konsumen bisa mendapatkan berbagai inspirasi modifikasi untuk mobil atau motor yang dibeli. Karena biasanya, di sebuah pameran tidak hanya memperkenalkan produk, tapi juga aksesorisnya.

Di tahun 2019 pameran otomotif masih terus akan berlangsung dan menghadirkan mobil dan motor keluaran terbaru. Peluang yang tak boleh terlewatkan. Berikut jadwal event bergengsi otomotif tersebut:

1. Indonesia International Motor Show (IIMS)

Kali ini mengusung Your Infinite Automotive Experience. Event otomotif tahunan ini kembali dengan konsep karnival dan digitalisasi, mengadopsi terobosan teknologi digital pada semua elemen pameran. IIMS 2019 akan digelar 25 April – 5 Mei 2019 di JIExpo Kemayoran, dengan menargetkan lebih dari 530.000 pengunjung, 350 perusahaan otomotif dan umum sebagai peserta.

2. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS)

Event ini akan kembali hadir pada 18-28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City. Bertema Future in Motion, GAIKINDO meyakini tema tersebut akan menegaskan GIIAS sebagai tempat terbaik untuk memperkenalkan teknologi dan produk terbaru, lewat concept car dan product launching. Dukungan GIIAS 2019 datang dari berbagai merek ternama di industri otomotif Indonesia. Lebih dari 25 merek mobil penumpang, kendaraan komersial, serta lebih dari 200 merek-merek dari industri pendukung seperti sepeda motor, karoseri, pelumas, kaca film, audio mobil, ban, dan lainnya telah mengkonfirmasi keikutsertaan mereka untuk memamerkan teknologi terbaru mereka di GIIAS 2019.

3. Indonesia Modification Expo (IMX) 2019

Melibatkan aliansi modifikasi dan pelaku aftermarket yang tergabung dalam National Modificator & Aftermarket Association ( NMAA), IMX akan digelar kembali tahun ini. Ajang kedua kalinya tersebut memilih tema "The Power of Collaboration". Tema tersebut bertujuan untuk menggandeng semua unsur otomotif roda empat, mulai dari agen tunggal pemegang merek (ATPM), modifikator, para seniman modifikasi, sampai kalangan produk aftermarket.

Agar mendapatkan harga terbaik selama pameran, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba, diantaranya adalah menyesuaikan target dengan yang dibutuhkan. Jika sedari awal sudah menetapkan diri membeli Grand Livina, namun ketika sampai pameran malah tergiur dengan Mobilio, maka perhatikanlah budget yang Anda alokasikan. Jika budget yang telah Anda siapkan sesuai, tak ada masalah. Tetapi jangan paksakan budget jika ternyata Anda jatuh cinta pada HRV yang lebih mahal.

Cara lainnya adalah jangan terburu-buru memutuskan. Konteksnya, pada saat pameran Anda akan sering bertemu dengan sejumlah agen dan sales yang gencar berlomba-lomba memberikan penawaran. Bila tidak sabar, besar kemungkinan Anda akan mengambil sebuah keputusan terburu-buru. Bersikaplah santai seolah-olah Anda hanya windows shopping. Yang patut Anda lakukan, bijak dalam mengambil keputusan sebelum membeli.

Hal lainnya, jangan tergiur label produk unggulan. Sejumlah produk yang diunggulkan pasti selalu ada di tiap pameran otomotif. Umumnya dilabeli dengan sejumlah promosi menarik dan diskon yang menggiurkan. Cari tahu apa keunggulannya, jangan mudah percaya dengan label unggulnya. Ini berbeda dengan produk pilihan yang jelas sudah terekomendasi keunggulannya.

Jadikan ajang pameran akbar otomotif sebagai usaha mendapatkan mobil pilihan Anda. Selamat berburu!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Photo: iStock

Berita Terbaru

  • 3 Jenis Mobil Yang Bikin Mudik Lebih Hemat
    • 16 Apr 2019
  • Mobil Kecil Jadi Trend Buat yang Muda
    • 09 Apr 2019
  • 4 Modifikasi Mobil Unik di Indonesia – Dari Batman Hingga Fast Furious
    • 01 Apr 2019
  • Deretan Mobil Mewah Pilihan Miliuner Muda
    • 31 Mar 2019
  • 4 Tips Mengatasi Phobia Mengemudi Mobil
    • 30 Mar 2019