3 Jenis Mobil Yang Bikin Mudik Lebih Hemat

Ditulis oleh : admin | 16 April 2019

3 Jenis Mobil Yang Bikin Mudik Lebih Hemat

Jenis Mobil | Bikin Mudik Hemat

Sebentar lagi sudah saatnya mudik lagi, dengan perkembangan infrastruktur yang pesat di Indonesia, saat ini ada lebih banyak opsi untuk menghemat budget mudik. Salah satu caranya dengan membawa mobil sendiri. Adanya Tol Trans Jawa sangat memudahkan bagi para pemudik di area Jawa termasuk dalam hal pengeluaran. Untuk itu momobil.id akan memberikan pilihan-pilihan mobil yang dapat membantu dalam menghemat budget mudik. Dalam memilih mobil yang tepat untuk mudik ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan, yaitu mobil hemat bahan bakar, mobil dengan keamanan teruji dan mobil dengan after sales yang baik dengan jangkauan servis luas di Indonesia sehingga memudahkan pengguna pada saat mudik. Berikut adalah deretan mobil yang telah lulus uji keamanan oleh New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP). Serta deretan merek mobil ini memiliki jangkauan servis luas di Indonesia sehingga bagi para pengendara tidak perlu repot ketika menghadapi masalah dalam perjalanan mudik. Coba pertimbangkan beberapa merek ini beserta tipe mobilnya yang mudah, aman, nyaman dan terpercaya dalam aspek keselamatan dan kemudahan.   

Toyota

Dari semua pilihan merek mobil, Toyota sudah memiliki begitu banyak cabang dan bengkel yang siap membantu pemudik termasuk di area terpencil melalui remote service point. Dilengkapi dengan service 24 jam membuat para pemudik tidak perlu was-was dalam berkendara di malam hari sekalipun. Beberapa mobil Toyota dibawah ini patut dipertimbangkan karena mobil-mobil ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang mumpuni serta penggunaan bensin yang terbilang hemat.

  • Toyota Avanza E MT 1.3

Mobil tergolong MPV yang tepat bagi keluarga lebih dari 4 orang, selain biaya perawatannya terbilang murah, fitur keselamatannya pun terbilang mumpuni. Dalam uji NCAP mobil ini mendapatkan bintang 4 dengan skor perlindungan untuk anak-anak hingga 38% dan orang dewasa mencapai 12,98%.Penggunaan bensinnya sendiri juga terbilang hemat dengan estimasi hingga 12,6 km per liternya.

  • Toyota Agya E MT 1.0

Jenis mobil hatchback seperti agya lebih cocok bagi keluarga kecil yang hanya perlu membawa penumpang sekitar 4 orang. Termasuk dalam kategori mobil LCGC yang ramah lingkungan dan murah, mobil ini sangat cocok bagi keluarga muda. Dengan penggunaan bensin hingga 12 km per liter. Berdasarkan uji coba NCAP, Agya juga berhasil mendapatkan bintang 4 berkat fitur dual airbagnya dan teknologi pretensioner serta force limiter di sabuk pengaman. Skor perlindungan orang dewasa ada di 12.84 % sedangkan untuk anak-anak ada di 82%.

  • Toyota Calya G MT 1.2

Calya yang juga termasuk ke dalam jenis mobil LCGC sudah pastinya termasuk ke golongan mobil ramah lingkungan dan terjangkau. Mobil yang juga lolos NCAP dengan bintang 4, memiliki skor perlindungan dewasa hingga 12,93% dan perlindungan anak hingga 73%. Kelebihan mobil ini dapat menampung lebih banyak orang jika dibandingkan dengan Toyota Agya.  

Daihatsu

Daihatsu yang bergerak dengan slogannya melayani lebih baik selalu berusaha untuk meningkatkan after salesnya. Saat ini dengan standard baru yang disebut dengan Daihatsu Indonesia Service Management (DISM), Daihatsu meningkatkan kinerja dan perbaikan yang lebih cepat dan lebih ramah bagi para penggunanya. Dari semua pilihan mobil daihatsu ada 2 mobil yang direkomendasi sebagai mobil yang tepat untuk mudik.

  • Daihatsu Xenia R MT 1.3 STD

Daihatsu Xenia termasuk jenis mobil MPV dengan besar kapasitas mencapai 8 orang. Dalam hal keamanan mobil inipun lulus dari uji coba NCAP dengan gelar bintang 4. Dengan skor perlindungan dewasa mencapai 12,43% dan perlindungan anak mencapai 38%. Secara irit penggunaan mobil ini mampu mendapatkan 12 km per liter.

  • Daihatsu Sigra Varian X

Daihatsu sigra yang termasuk dalam jajaran jenis mobil LCGC membuat ia menjadi mobil yang cukup terjangkau dengan kapasitas jumlah muatan yang tidak jauh berbeda dari xenia. Namun harus diingat bahwa tidak semua daihatsu sigra lolos uji coba keselamatan NCAP. Hanya daihatsu Sigra varian X yang dilengkapi dengan airbag yang berhasil mendapatkan bintang 4. Skor untuk perlindungan dewasa ada di angka 12,93% sedangkan untuk anak-anak berada di angka 46%. Namun secara irit penggunaannya sigra jauh lebih irit dari xenia karena mampu mencapai angka 17,3 km per liter.  

Suzuki

Suzuki termasuk salah satu merek mobil dengan after sales yang cukup menjanjikan. Suzuki juga bekerja sama dengan bengkel mitra suzuki untuk memperluas jangkauan area servis. Khusus untuk suzuki ada 1 kandidat pilihan mobil yang tepat untuk mudik.

  • Suzuki Ertiga

Ertiga sebagai low multi purpose vehicle (LMPV) berhasil mendapatkan bintang empat dari NCAP dalam hal keamanan. Dilengkapi dengan airbag skor perlindungan dewasa berada di angka 12,39% dan anak-anak di angka 33%. Untuk keiritan penggunaan BBM ertiga mencapai 20 km per liter. Mobil ini juga pas bagi keluarga dan nyaman.    

Sumber: Moneysmart

Oleh: Tara

Img: Ist

mobil terkait

Rp 373.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 453.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 412.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 370.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 112.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 145.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas