3 Kesalahan Cara Membeli Mobil Bekas

Ditulis oleh : admin | 6 December 2016

3 Kesalahan Cara Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bukanlah seperti membeli barang-barang elektronik lainnya. Mobil merupakan suatu barang yang sangat mahal dan orang akan cenderung hati-hati dalam membeli mobil. Penyebabnya apa orang akan sangat berhati-hati dalam membeli mobil? Karena mobil merupakan suatu barang yang tidak akan dipakai dalam jangka waktu yang pendek sehingga diperlukan kewaspadaan dalam membeli mobil yang berkualitas, terlebih lagi mobil bekas. Maka dari itu wajib kiranya kita mengetahui cara membeli mobil bekas yang benar dan baik.

Namun, tidak semua orang biasanya akan memperhatikan ini. Banyak yang akhirnya menyesal setelah membeli mobil karena kurangnya kewaspadaan dan pengetahuan detil akan mobil yang ingin dibeli. Nah, maka dari itu kami akan menguraikan beberapa kesalahan umum cara membeli mobil yang biasanya sering terjadi pada orang-orang. Apa sajakah itu? Yuk cek di bawah :

1. Mesin Mobil yang Tidak Di cek Terlebih Dahulu

Saat membeli mobil rasanya sangat fatal jika tidak mengetahui spesifikasi mesin mobil, apalagi jika Anda membeli mobil bekas dari orang lain. Tidak mengecek mesin mobil biasanya sering terjadi disebabkan oleh kurangnya pengetahuan si pembeli mobil atau malasnya calon pembeli mencari tahu tentang mobil yang ingin dibeli. Untuk itu penting bagi Anda mempelajari mesin mobil yang ingin dibeli, baik itu sering bertanya pada orang yang ahli dibidangnya maupun melakukan pencarian di mesin pencari Google. Caranya mudah, Anda tinggal menentukan merek mobil apa yang ingin dibeli, lalu tinggal mencari tahu tentang spesifikasi lengkapnya. Cara kedua, Anda juga bisa langsung test drive mobil yang ingin dibeli. Bagaimana caranya? Anda coba bawa mobil tersebut ke berbagai macam medan, lalu mengetes pengoperan gigi, putaran stir, rem dan kopling, hingga percobaan lainnya. Dengan begitu Anda akan mengetahui kekurangan dan kelebihan mobil yang ingin dibeli. Tidak ada salahnya bukan untuk sebentar mempelajari spesifikasi mobil yang ingin dibeli agar mendapatkan kualitas baik saat menentukan mobil dari banyak penjual. Ada baiknya Anda menghindari kesalahan cara membeli mobil bekas berikut ini karena efeknya akan sangat fatal bagi diri Anda sendiri sebagai pembeli.

Cara membeli mobil bekas
Source: amazonaws.com

2. Memilih Jasa Kredit Mobil yang Ribet

Hati-hati! Tidak semua jasa kredit mobil akan melayani Anda dengan sangat baik. Jangan asal pilih dalam menentukan jasa kredit mobil. Hal ini juga menjadi kesalahan utama cara membeli mobil bekas yang sering terjadi. Banyak calon pembeli yang tidak memperhatikan kredibilitas jasa kredit mobil sehingga akan melalui birokrasi yang ribet dan bahkan tidak jujur. Kesalahan ini sering terjadi akibat banyaknya calon pembeli yang terlalu tergiur akan mobil yang ingin dibeli sehingga tidak memperhatikan detil kredit. Hindari masalah ini dengan menggunakan jasa kredit mobil yang punya kredibilitas baik dan jujur. Contohnya Momobil.id yang memberikan Anda kemudahan dalam membeli mobil secara kredit. Birokrasi? Sangat mudah! Karena di Momobil.id Anda bisa mengajukan kredit mobil hanya lewat online saja. Tidak hanya itu, Momobil.id juga memberikan simulasi kredit agar Anda bisa mengira-ngira jumlah cicilan per bulan dan bunganya sebelum menentukan kredit mobil bekas yang ingin dibeli. Dengan jasa kredit yang tidak ribet serta punya kredibilitas terpercaya, tentu Anda bisa merencanakan keuangan Anda jadi lebih baik antara kredit mobil dan prioritas lain.

Source: iklanmobilbekas49.bi

3. Tidak Memperhatikan Kelengkapan Surat-Surat

Kesalahan umum yang juga sering terjadi dalam cara membeli mobil bekas. Kebanyakan orang tidak akan memperhatikan kelengkapan surat-surat dan juga atas nama pemilik mobil. Mengapa hal ini jadi sangat penting? Karena mengurus surat kendaraan bermotor tidaklah semudah mengurus surat ujian. Membutuhkan usaha dan birokrasi yang sangat ribet. Efeknya apa? Dengan ribetnya mengurus surat kendaraan ini banyak orang yang akhirnya mengabaikan sehingga tilang polisi atau model razia lainnya menjadi hal yang sering terjadi. Hindari masalah ini sebisa mungkin ketika Anda sebelum membeli mobil. Cek kelengkapan surat-suratnya, seperti BPKB dan STNK. Tidak hanya itu, cek juga nama pemilik asli mobil sehingga Anda akan dimudahkan dengan urusan balik nama dan kegiatan administrasi lainnya. Jangan membeli mobil dengan atas nama yang sudah terlampau jauh pada pihak pertama karena Anda akan direpotkan dengan administrasi dan birokrasi yang super ribet!

Source: autoblitz.net

Itulah 3 kesalahan utama cara membeli mobil bekas yang sering terjadi pada calon pembeli. Alasannya bisa bermacam-macam, baik itu karena malas, kurangnya rasa waspada, tidak mengimbangi pengetahuan akan spesifikasi mobil, dan alasan lainnya. Maka dari itu penting untuk Anda sebagai pembeli memperhatikan hal-hal ini agar bisa terhindar dari keribetan yang seharusnya bisa ditanggulangi sendiri.

mobil terkait

Rp 125.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 335.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 147.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas