4 Cara Mengatasi Spare Part Mobil yang Tidak Berfungsi Maksimal Setelah Menembus Banjir

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 3 January 2019

4 Cara Mengatasi Spare Part Mobil yang Tidak Berfungsi Maksimal Setelah Menembus Banjir

Spare Part Mobil | Mobil bekas

Pernah mengalami rem tiba – tiba menjadi tidak pakem setelah Anda menembus banjir? Itu disebabkan oleh spare part mobil pada bagian tromol dan cakram yang basah atau tersumbat oleh lumpur sehingga kinerja rem kurang maksimal.

Ini akan membahayakan jika Anda mengabaikannya dan tetap melanjutkan perjalanan. Ada baiknya cek segera bagian yang mengalami gangguan tersebut sebelum melanjutkan perjalanan. Selain membahayakan, jika terlambat penanganannya, akan berimbas pada kerusakan yang lebih parah. Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi itu? Simak langkah berikut!

  • Lakukan Pengeringan

Untuk melakukan ini, Anda harus melepas semua kabel listrik terlebih dahulu. Setelah itu keringkan dengan kompresor atau hair dryer. Komponen yang wajib dikeringkan adalah busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, v-belt dan seluruh rangkaian kabel.

  • Ganti Oli

Oli adalah penunjang kinerja mesin yang terpenting. Maka dari itu, kuraslah oli mobil Anda setelah terendam banjir dan ganti dengan yang baru. Pastikan juga tangki oli Anda bebas dari air agar ia bekerja dengan optimal dan mobil Anda tetap nyaman saat digunakan.

  • Kuras Tangki Bahan Bakar

Langkah ini wajib Anda lakukan karena bahan bakar yang terkontaminasi oleh air tidak hanya berpotensi merusak komponen mesin, tapi juga menyebabkan mobil mogok. Oleh karena itu, kuras, bersihkan dan keringkan kembali tangki bahan bakar Anda setelah terendam banjir.

  • Pemeriksaan ke Bengkel

Untuk memastikan bahwa spare part yang sudah diperiksa dan dibersihkan dapat bekerja kembali dengan optimal, sebaiknya Anda juga melakukan pengecekan ke bengkel. Hindari kerusakan fatal pada mobil Anda dengan penanganan dari ahlinya.

Mengingat besarnya resiko kerugian kendaraan akibat banjir, sebaiknya Anda juga juga melengkapinya dengan proteksi asuransi mobil atas risiko bencana alam termasuk di dalamnya banjir. Dengan begitu Anda dapat menekan kerugian dari resiko kerusakan mobil Anda.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 153.000.000

Individu

JEMBER

Rp 98.000.000

Individu

JEMBER

Rp 117.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas