4 Cara Meningkatkan Penglihatan Selama Berkendara

Ditulis oleh : admin | 7 February 2017

4 Cara Meningkatkan Penglihatan Selama Berkendara

Dalam urusan berkendara, keahlian dan kelihaian dalam menyetir mobil memang sangat diperlukan. Namun, apa gunanya keahlian tanpa dibarengi oleh faktor pendukung lainnya seperti faktor penglihatan? Gangguan penglihatan seperti blindspot, barang-barang yang menggangu penglihatan serta sticker yang menempel di windshield bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan yang luput dari perhatian kita.

Baca Juga : Wah! 5 Mobil Untuk Anak Kuliahan

Oleh karena itu, para pengemudi perlu memastikan bahwa mereka mempunyai penglihatan yang sempurna ketika berkendara, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada 7 cara untuk meningkatkan penglihatan selama berkendara yang mudah untuk Anda lakukan dan periksa. Yuk simak!

Bersihkan Headlamp Dengan Benar

Meningkatkan penglihatan saat berkendara
Source: hargamobiloke.com

Salah satu gangguan penglihatan yang paling sering terjadi adalah cover headlamp yang kotor, baik karena jamur atau embun, sehingga mengurangi jangkauan pancaran sinar lampu headlamp. Padahal, membersihkan headlamp merupakan salah satu aspek penting dalam berkendara, terutama roadtrip. Membersihkan headlamp sebenarnya tidak sulit, cukup gunakan pasta gigi dan kain bersih dan cover headlamp akan bersih dengan mudah.

Gunakan Panoramic Rear-View Mirror

Meningkatkan penglihatan selama berkendara
Source: waycoolgadgets.com

Blind spot, selain menyusahkan, juga berbahaya bagi pengendara. Biasanya, blind spot terjadi karena pengaturan kaca spion yang tidak benar atau kaca spion yang kurang lebar. Untuk itu, pengemudi disarankan untuk membeli panoramic rear-view mirror atau kaca spion tengah lebar yang bisa di pasang di kaca spion tengah bawaan mobil Anda untuk menambah jangkauan penglihatan Anda dan mengurangi kemungkinan adanya blind spot.

Atur Kaca Spion Samping

Source: bukalapak.com

Seperti yang disebut di poin sebelumnya, pengaturan kaca spion yang tidak benar bisa menghasilkan blind spot. Lalu, bagaimana pengaturan spion yang benar tanpa harus menggunakan tambahan kaca spion tengah yang lebar?

Pertama, atur kaca spion tengah Anda. Usahakan untuk kaca spion tengah benar-benar merefleksikan bagian tengah, bukan bagian samping kanan maupun kiri. Setelah itu, atur kaca spion samping Anda jauh ke arah keluar, melebihi batas refleksi yang ditunjukkan oleh kaca spion tengah. Mudahnya, pastikan kaca spion samping Anda tidak terlalu banyak merefleksikan body mobil, sehingga Anda bisa tahu posisi mobil Anda dengan mobil lain. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi blind spot dan mempunyai jarak penglihatan yang jelas di seluruh sisi.

Jaga Kebersihan Dashboard Dari Benda Tak Berguna

Source: blogspot.com

Terdengar sepele, namun yang satu ini seringkali luput dari perhatian pengemudi. Botol-botol parfum, kotak tissue, pengharum mobil, topi, smartphone hanger beserta hal-hal lain yang sering ditaruh di dashboard ternyata secara tidak sadar mengurangi kejelasan penglihatan serta fokus pengemudi. Ada baiknya Anda menghindari menaruh benda-benda tak penting untuk berkendara di dashboard agar Anda bisa lebih fokus pada melihat jalanan tanpa tertutup.

Mudah dan gampang untuk dilakukan, bukan? Pastikan Anda selalu menerapkan 4 cara meningkatkan penglihatan selama berkendara di atas untuk mengurangi resiko kecelakaan karena pandangan yang tidak jelas.

Kalau kondisi mobil Anda memang sudah tidak dapat menunjang faktor penglihatan, ganti saja mobil Anda dengan mobil bekas dengan kualitas yang lebih baik di Momobil.id! Selain harganya bersaing, proses membeli kredit mobilnya pun tidak sulit. Yuk, segera cek!

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas