4 Cara Menyetir Mobil yang Aman

4 Cara Menyetir Mobil yang Aman

Berita Otomotif | Tips Mobil

Pandai memegang kemudi dan luwes dalam dalam berkendara mobil itu jelas penting, namun ini belum cukup dalam menentukan keselamatan pengemudi. Beberapa hal lain juga perlu Anda perhatikan agar selamat sampai tujuan. Simak 4 cara menyetir mobil yang baik dan benar berikut:

1. Tubuh dalam kondisi fit
Jangan paksakan diri menyetir kala mengantuk. Sebagian besar kasus kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh hal ini. Bila sedang di tengah perjalanan, segera menepi untuk istirahat sejenak. Di sisi lain, perhatikan juga cara memegang setir mobil. Idealnya, kedua tangan Anda berada pada posisi arah pukul 3 dan 9 agar aman bila airbag harus mengembang akibat benturan keras.

2. Posisikan tepat alat bantu pengamatan dan keamanan
Pastikan jok mobil dalam posisi nyaman untuk ukuran Anda sendiri, baik sandarannya maupun dudukannya. Benarkan pula posisi semua kaca spion agar Anda dapat melihat berbagai sudut secara optimal. Tak ketinggalan, kenakan sabuk pengaman.

3. Patuhi rambu lalu lintas
Percuma paham peraturan lalu lintas jika tidak dipatuhi. Andaikan pelanggaran itu Anda buat, maka perhitungkan dengan seksama dampak perbuatan Anda pada orang lain. Utamakan selalu keselamatan Anda dan orang lain. Hindari menerobos lampu merah atau menyalip dari sisi kiri. Meskipun mematuhi peraturan lalu lintas tidak lantas mengentaskan Anda dari risiko, setidaknya maksimal Anda menghindari risiko yang tidak diinginkan, baik dari perbuatan Anda maupun dampak perbuatan terhadap orang lain.

4. Tenang secara emosi
Berkendara itu tidak selamanya berjalan mulus. Kadang berhadapan dengan kemacetan, perbaikan jalan, pohon tumbang, atau pengemudi lain yang cara berkendaranya sembarang. Latih diri Anda untuk sabar dan kendalikan emosi. Jangan sampai konsentrasi Anda dalam menyetir terganggu akibat perasaan marah.

Agar aman dan nyaman, berkendara yang baik juga perlu dibarengi dengan kondisi mobil yang “sehat”. Saat berencana membeli mobil bekas, pertimbangkan selalu after sales dari mobil pilihan Anda supaya perawatan ke depannya mudah dilakukan. Drive safe!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Most Read News

  • Inilah 4 Cara Ubah Cat Mobil Anda Tanpa Langgar Peraturan
    Inilah 4 Cara Ubah Cat Mobil Anda Tanpa Langgar Peraturan
    • 18 Oct 2018
  • Modifikasi Mobil Avanza
    Modifikasi Mobil Avanza
    • 18 Oct 2018
  • 4 Manfaat Cover Jok Mobil Bagi Kenyamanan Berkendara
    4 Manfaat Cover Jok Mobil Bagi Kenyamanan Berkendara
    • 17 Oct 2018
  • Menikmati Perjalanan Aman Dan Nyaman Yang Hemat BBM Dengan Mesin Mobil 2000 cc
    Menikmati Perjalanan Aman Dan Nyaman Yang Hemat BBM Dengan Mesin Mobil 2000 cc
    • 17 Oct 2018
  • Membeli Mobil Bekas Secara Online? Ini Caranya Agar Tetap Untung!
    Membeli Mobil Bekas Secara Online? Ini Caranya Agar Tetap Untung!
    • 16 Oct 2018