4 Kesalahan Penggunaan Lampu Hazard Mobil di Jalan

Ditulis oleh : admin | 14 December 2016

4 Kesalahan Penggunaan Lampu Hazard Mobil di Jalan

Seringkali banyak sekali orang yang salah mengartikan fungsi lampu hazard ketika berada di jalan raya. Beberapa kesalahan tersebut ternyata dapat membuat pengendara lain menjadi bingung karena pada saat lampu Hazard dinyalakan maka secara otomatis lampu sein tidak akan berfungsi. Polri pun sudah menjelaskan kekeliruan yang selama ini dilakukan oleh para pengendara yang juga masuk dalam perundang-undangan tentang fungsi dan saat yang tepat dalam menyalakan lampu Hazard. Lampu Hazard sendiri bertujuan untuk penanda keadaan darurat yang dialami oleh pengemudi, “darurat” disini diartikan dalam keadaan mogok, mengganti ban, atau mengalami kecelakaan mobil yang serius sehingga menjadi penanda baik bagi pengendara lainnya, berikut ini kesalahan penggunaan lampu Hazard mobil yang sering dilakukan oleh pengendara.

Pada saat Hujan

Penggunaan lampu hazard
Source: beritatrans.com

Banyak pengguna jalan yang salah mengartikan bahwa jika terjadi hujan maka lampu hazard wajib untuk dinyalakan sebagai penanda pengendara lainnya, padahal pengendara cukup menyalakan lampu utama yang akan secara otomatis menyalakan juga lampu merah dibelakang sebagai penanda bagi pengendara lain bahwa ada mobil di depannya.

Pada saat lurus pada persimpangan

Source: wordpress.com

Banyak orang yang menyalakan lampu Hazard untuk penanda lurus pada persimpangan, sebenarnya hal ini tdak perlu dilakukan karna dengan tidak menyalakan lampu sein ke kanan atau ke kiri otomatis orang akan tahu bahwa Anda akan bergerak lurus.

Dalam kondisi berkabut

Source: camargus.com

Dalam kondisi ini Anda tidak perlu menyalakan lampu Hazard karena foglamp sudah disediakan untuk menerangi dan menebus kabut.

Pada saat berada di kegelapan atau di terowongan

Source: jadiberita.com

Dalam kondisi ini lampu Hazard tidak seharusnya dinyalakan karena akan membuat pengendara lain bingung, cukup dengan menyalakan lampu utama untuk melihat dan memberi tanda pada pengendara lain jika ada mobil karena otomatis lampu merah dibelakang mobil akan menyala saat Anda menyalakan lampu utama.

Dengan mengetahui hal di atas diharapkan pengendara menjadi lebih pintar dalam berkendara dan tidak mengikuti hal yang lumrah dilakukan oleh banyak orang tetapi salah. Hati-hati dalam berkendara ya dan cari tahu info-info penting sebelum berkendara, karena keamanan tidak hanya milik pribadi tetapi juga milik orang lain. Dengan mengetahui kesalahan penggunaan lampu hazard tentu Anda akan lebih berhati-hati lagi dalam membawa mobil dalam berbagai keadaan cuaca. Semoga bermanfaat.

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

JEMBER

Rp 135.000.000

Individu

JEMBER

Rp 99.000.000

Individu

JEMBER

Rp 88.000.000

Individu

JEMBER

Rp 72.000.000

Individu

JEMBER

Rp 160.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas