4 Komponen Mobil yang Harus Diperhatikan Saat Musim Penghujan

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 7 January 2019

4 Komponen Mobil yang Harus Diperhatikan Saat Musim Penghujan

Spare Part Mobil | Mobil bekas

Musim penghujan telah tiba. Tiap tahun umumnya curah hujan berintensitas tinggi terutama di bulan Januari hingga Februari. Agar tetap aman dan nyaman saat berkendara, ada baiknya cek kondisi 4 komponen mobil berikut ini.

  • Ban

Perhatikan kondisi ban, jika kembangnya menipis sebaiknya hindari pemakaiannya terlalu lama, apalagi ban yang permukaannya sudah botak harus segera diganti. Karena jika kondisinya seperti itu, gigitan ban sudah tidak maksimal dan akan semakin parah dengan kondisi jalan yang basah atau tergenang, bukan tidak mungkin mobil Anda akan mudah tergelincir saat mengerem.

  • Karet Wiper

Karena terbuat dari karet maka sangat rentan termakan usia atau getas terkena paparan sinar matahari. Tanda karet wiper sudah tidak layak pakai adalah ketika dihidupkan menyisakan guratan air pada kaca atau tidak sempurna menyeka air. Jika hal ini terjadi, jangan abaikan. Ganti karet wiper dengan yang baru agar visibilitas berkendara tak terganggu.

  • Kanvas Rem

Kondisi berbunyi saat direm, nyaris blong atau pedal rem sudah pendek, merupakan tanda kondisi rem sudah tidak normal atau habis. Segera ganti, sebab berkendara di musim penghujan sangat membutuhkan kondisi rem yang prima. Dalam kondisi hujan, mengatur jarak kendaraan dan jarak pandang yang terbatas, membuat kita harus mengerem mendadak. Jika kondisi rem bermasalah, hal ini akan sangat menyulitkan pengemudinya dan membahayakan keselamatan.

  • Lampu

Manfaat lampu saat hujan adalah pengatur jarak antar kendaraan dan memaksimalkan jarak pandang pengemudinya. Seperti kita ketahui, kondisi hujan membuat jarak pandang kita terbatas. Cek kondisi lampu, atau jika dibutuhkan gunakan tambahan lampu kabut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Aktivitas tak boleh surut meski hujan deras mendera. Selalu lakukan perawatan mobil di musim penghujan agar keselamatan dan kenyamanan Anda tetap terjamin.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 226.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 168.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 230.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 226.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 194.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 354.000.000

Individu

PEKANBARU


Kembali ke atas