4 Mobil Amfibi yang Berbentuk Unik di Dunia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 May 2020

4 Mobil Amfibi yang Berbentuk Unik di Dunia

momobil.id – Perkembangan teknologi yang makin melesat membuat berbagai produsen mobil melakukan inovasi terhadap lini produknya. Mobil bukan hanya digunakan di darat saja, namun beberapa produsen mobil mencoba untuk merancang mobil yang dapat digunakan di air. Mobil ini dikenal dengan nama mobil amfibi. Jenis Mobil amfibi memang cukup unik karena bisa digunakan di darat dan di air. Ada beberapa mobil amfibi yang sudah muncul di dunia. Berikut adalah empat mobil amfibi yang paling unik di dunia.

Volkswagen Schwimmwagen

Mobil amfibi buatan produsen asal Jerman ini pertama kali dibuat pada tahun 1941. Mobil ini memiliki 2 versi, yaitu versi darat dan versi amfibi. Schwimmwagen digunakan sebagai kendaraan militer Perang Dunia ke II. Volkswagen Schwimmwagen merupakan mobil yang unik, dimana ia menggunakan satu baling-baling dan roda depan berfungsi sebagai kemudi. Dalam segi mesin, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.131cc dengan tenaga maksimal 25 hp. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 4 percepatan dan penggerak 4 roda.

Rinspeed Squba

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008, Rinspeed Squba merupakan mobil sport pertama yang bisa melintas di darat maupun di air. Mobil buatan perusahaan asal Swiss, Rinspeed ini memiliki konsep scuba dan menjadi mobil selam yang ramah lingkungan pertama di dunia. Dalam segi dapur pacu, mobil ini dibekali tiga buah motor elektrik. Satu motor elektrik dipakai untuk berkendara di darat, dan dua motor elektrik dipakai di air. Rinspeed Squba mampu menyelam hingga kedalaman 10 meter dengan kecepatan 6 km/jam di air dan 120 km/jam di darat

Sherp ATV

Mobil berbentuk truk mini ini didesain untuk menerjang segala medan. Sherp ATV memiliki keunikan yaitu mampu mengisi angin ban jika ban kekurangan angin, terutama saat terjadi kebocoran. Mobil ini dilengkapi dengan ban yang besar dan dapat mengembang secara otomatis. Sherp ATV mampu mengatasi rintangan setinggi 70 sentimeter. Dalam segi tenaga, mobil ini dapat melaju dengan kecepatan 6 km/jam di atas air dan 45 km/jam di darat.

Baca Juga : Cek Pilihan Mobil Bekas Berbanderol Rp75 Jutaan

WaterCar Panther

Mobil amfibi besutan Amerika Serikat ini mampu mengubah diri menjadi speedboat dalam waktu 15 detik. WaterCar Panther merupakan mobil yang diperkenalkan pada tahun 2013. Perubahan dari mobil ini menjadi speedboat dapat terlihat di air, dimana roda mobil ini akan terangkat menggunakan hidrolik. WaterCar Panther mampu melaju dengan kecepatan 72 km/jam di air dan 130km/jam di darat. Berkat kemampuannya itu, WaterCar Panther menjadi mobil amfibi tercepat di dunia.

Sumber gambar: wikipedia.org


Kembali ke atas