4 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 8 January 2019

4 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Tips Cat Mobil | Mobil Bekas

Cat mobil ibarat sebuah kosmetik. Semahal apapun mobil Anda, jika catnya rusak dan kusam membuat penampilan mobil Anda tampak buruk. Perlu Anda ingat, saat membeli mobil baru ataupun bekas, warna cat cukup mempengaruhi harga. Makanya meski mobil tak harus selalu setiap hari dicuci, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan cat menjadi kusam. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan cat cepat kusam. Apa saja?

  • Air

Saat Anda mencuci mobil, jangan sesekali membiarkan air yang menempel pada bodi mobil kering dengan sendirinya, karena hal tersebut adalah awal dari pembentukan jamur yang akan membuat cat mobil cepat kusam. Cucilah mobil di area yang tidak terkena matahari langsung. Sama halnya ketika mobil Anda terguyur hujan saat perjalanan, ada baiknya segera keringkan titik-titik air yang menempel dengan plas chamois atau kanebo begitu Anda sampai di tujuan.

  • Getah

Kebiasaan memarkir kendaraan di bawah pohon memang dapat menghindari sengatan matahari secara langsung. Namun, ancaman muncul dari getah mobil yang bisa saja terjatuh ke bodi mobil Anda. Getah akan sangat sulit dibersihkan jika sudah terlanjur mengering. Selain itu, getah akan bereaksi dan akan sulit dihilangkan meski cat sudah dipoles sekalipun.

  • Kotoran burung

Selain getah, kotoran yang berasal dari burung juga memiliki derajat pH yang keasamannya tinggi. Dampaknya adalah jika bereaksi, senyawa kimia yang terkandung di dalamnya akan menimbulkan noktah yang memudarkan cat mobil.  

  • Cover mobil

Sarung penutup mobil biasanya digunakan oleh Anda untuk melindungi mobil dari sengatan matahari dan debu. Namun, Anda juga perlu memberi perhatian lebih pada bahan cover mobil yang Anda gunakan. Bila bahannya masih tembus air, sarung mobil ini justru akan menjadi bumerang. Mobil yang terkena air hujan dalam keadaan tertutup membuat air terperangkap di dalamnya. Sehingga, ketika cover dibuka, akan langsung terlihat jamur pada permukaan cat mobil.

Dibanding harus mengeluarkan kocek tambahan untuk mengganti cat mobil yang cepat kusam, lebih baik Anda melakukan usaha pemeliharaan yang telaten. Cara untuk melawan musuh-musuh cat mobil di atas ini adalah dengan mencucinya dengan cairan sabun khusus yang dipergunakan untuk mobil dan lakukan secara teratur.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas