4 Teknologi Canggih Ini Mencegah Mobil Kemalingan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 April 2020

4 Teknologi Canggih Ini Mencegah Mobil Kemalingan

momobil.id – Dewasa ini, banyak produsen mobil yang mengembangkan teknologi pada produknya agar lebih canggih. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah fitur keselamatan. Fitur keselamatan merupakan hal terpenting untuk mencegah situasi berbahaya pada mobil, salah satunya adalah pencurian. Berikut adalah hasil pengembangan teknologi canggih yang dapat mencegah mobil kemalingan.

Tombol Start Stop

Tombol Start Stop dapat mencegah mobil kemalingan. Teknologi ini berupa tombol yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan mesin mobil. Untuk menyalakan mesin mobil dengan fitur start-stop ini, pemilik mobil harus mendekatkan mobil dengan kunci aslinya. Pada fitur start stop ini, kunci mobil berperan sebagai remote untuk membuka pintu dan memberi sinyal menyalahkan mesin mobil. Jika kunci tidak ada, maka mobil tidak bisa dinyalahkan.

Immobilizer

Teknologi immobilizer merupakan sebuah chip yang dimasukkan pada kunci mobil. Teknologi ini sudah lama digunakan pada mobil dan motor untuk mencegah kemalingan. Chip Immobilizer ini akan memancarkan sinyal yang kemudian akan ditangkap oleh antena pada mobil. Ketika sinyal yang dipancarkan tidak sesuai, maka mesin tidak bisa dinyalakan.

GPS Tracker

Salah satu teknologi anti maling lainnya adalah GPS Tracker. Teknologi ini berfungsi untuk memantau posisi kendaraan. GPS Tracker bekerja sama dengan Google maps untuk melacak posisi kendaraan. Ketika pemilik kehilangan kendaraanya, maka dapat dilacak menggunakan teknologi ini. GPS Tracker memiliki keunggulan lain yaitu dapat menyadap suara kabin, dan dapat mematikan mesin mobil dari jarak jauh.

Baca Juga : Bahaya Menginjak Rem Mobil Terus Menerus di Jalanan Menurun

Mode Sentry

Fitu Mode Sentry untuk saat ini sudah diterapkan pada mobil Tesla Model S dan Model X. Teknologi mode sentry ini mengawasi mobil selama diparkir. Fitur ini akan bekerja sama dengan kamera dan merekam ancaman yang terjadi pada mobil. Fitur ini dapat mengaktifkan sistem alarm pada mobil. Mode Sentry akan memberikan status peringatan pada layar mobil. Saat situasi semakin berbahaya, maka teknologi mode sentry dapat mengeluarkan suara nyaring.



Kembali ke atas