4 Tips Modifikasi Audio Mobil yang Irit dan Maksimal

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 April 2020

4 Tips Modifikasi Audio Mobil yang Irit dan Maksimal

momobil.id – Mendengarkan musik dapat melepaskan kebosanan ditengah kemacetan jalan dan rasa ngantuk ditengah perjalanan. Pengemudi mobil bisa menikmati alunan musik dan juga siaran radio. Namun, terkadang kualitas audio standar pada mobil terasa kurang memuaskan dan banyak penggila otomotif khususnya audio memilih untuk memodifikasi audio mobil mereka agar kualitasnya menjadi lebih baik. Perlu diketahui, modifikasi audio mobil memakan biaya yang cukup mahal. Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak bengkel yang menawarkan upgrade audio dengan biaya yang lebih terjangkau namun kualitasnya tidak perlu diragukan dan bisa bersaing dengan kualitas audio berbiaya mahal. Berikut 4 tips modifikasi audio mobil yang irit dan maksimal.

1. Memilih Perangkat Audio yang Berkualitas

Sebelum membeli perangkat audio, carilah terlebih dahulu perangkat audio yang cocok lewat browsing internet dan melihat review perangkat audio. Carilah perangkat dengan kualitas yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki. Sebagai panduan dasar, pilihlah speaker dengan sensitivitas tinggi sekitar 90dB jika head unit mobi memiliki output daya kecil. Semakin sensitif speaker, maka semakin efisien daya yang dibutuhkan.

2. Periksa Fitur yang Ada Pada Head Unit

Pilihlah Headunit yang sesuai dengan kebutuhan. Harga Head Unit yang menawarkan fitur-fitur canggih biasanya mahal, dan belum tentu fitur tersebut diperlukan jika calon pembeli hanya ingin mendengarkan musik saja. Pilihlah head unit yang dilengkapi equalizer. Adanya equalizer pada headunit dapat membantu mengatur sendiri kualitas audio. Jika ingin menambah kualitas audio yang lebih bagus, maka pilihlah head unit yang memiliki jalur koneksi audio pre out, Front, Rear dan Subwoofer.

3. Speaker atau Subwoofer

Penggunaan subwoofer membutuhkan bagasi yang luas dan biaya yang mahal. Sebagai alternatif dari subwoofer, pembeli dapat mengubah speaker dan tweeter pada mobil. Hanya dengan mengubah speaker dan tweeter, dana yang dikeluarkan tentunya jauh lebih murah dan kualitas audio yang didapatkan juga tak kalah bersaing dengan kualitas bioskop.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan agar Modifikasi Mobil Tetap Aman

4. Peredaman Kabin

Salah satu hal utama yang dapat menambah performa audio adalah dengan peredaman kabin. Peredam tentunya memiliki fungsi untuk meredam suara dari luar yang dapat tembus ke dalam kabin. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat peredam kabin adalah busa dicampur dengan kain. Namun, penggunaan peredam berbahan dasar kayu juga bisa menjadi alternatif. Peredam berbahan kayu ini lebih efektif dalam meredam suara dari luar. Selain itu, harganya sendiri tergolong lebih murah, yaitu dengan hanya mengeluarkan modal sebesar Rp 400-500ribu per panel.


Kembali ke atas