5 Cara Memilih Mobil Keluarga Murah

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 2 October 2018

5 Cara Memilih Mobil Keluarga Murah

Mobil Keluarga | Mobil Bekas

Murah dalam konteks pembelian mobil dapat ditinjau dari harga beli maupun biaya kepemilikan. Karena dalam hal ini murah bukan berarti murahan, tetapi murah dalam konteks harga murah yang rasional dan bersahabat di kantong. Asalkan punya referensi yang memadai, Anda bisa memiliki mobil keluarga murah. Simak caranya berikut ini!

Konsumsi bahan bakar

Ini kategori murah secara operasional. Setiap menggunakan mobil, Anda pasti memperhitungkan biaya bahan bakarnya. Cara untuk menekan biaya bahan bakar adalah mengetahui lebih dahulu spesifikasi besaran tenaga mesin dan teknologi yang digunakannya berikut sistem pembakarannya. Mesin 1000 cc akan lebih kecil asupan bbm-nya ketimbang 1200, 1300, 1500 cc atau selanjutnya. Semakin besar tenaga mesin maka semakin besar asupan bbm-nya.

Untuk sistem pembakaran, karburator lebih boros dan bertenaga dibandingkan injection. Namun dewasa ini, sistem injection sudah disempurnakan sebagai sistem pembakaran yang hemat bbm tetapi tetap bertenaga.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan

Salah satu hal terpenting dari membeli mobil untuk keluarga adalah bagaimana menyesuaikan yang Anda butuhkan dengan kondisi keuangan keluarga. Jangan sampai biaya yang Anda keluarkan untuk mencicil mobil idaman jadi membebankan, sehingga kebutuhan lain terbengkalai. Buat skala prioritas sebelum menentukan budget yang Anda keluarkan untuk membeli mobil.

Kapasitas mesin

Meski Anda mencari mobil dengan harga yang murah, pastikan kapasitas mesin juga memadai. Pilih mobil dengan kapasitas mesin setidaknya 1000cc, karena semakin besar kapasitasnya, maka kerja tenaga mesin akan semakin baik.

Tingkat keamanan yang tinggi

Pada setiap mobil, Anda harus sangat memperhatikan tingkat keamanan. Apalagi untuk mobil keluarga, yang akan membawa anak-anak bepergian di dalam mobil, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Seat belt yang mumpuni, airbag, dan rem anti-lock adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

Perhitungkan biaya perawatan

Anda juga perlu membandingkan biaya perawatan mobil yang diinginkan dengan mobil lain yang sejenis. Intinya, semakin kompleks teknologi yang ada dalam sebuah mobil, maka akan semakin besar pula biaya perawatan dan harga satuan suku cadangnya. Sebelum memutuskan mobil mana yang akan Anda bawa pulang, hitung biaya service per tahun dan harga-harga suku cadang untuk antisipasinya.

Apapun itu, ingat tujuan utama Anda dalam membeli mobil ini, yaitu adalah untuk mempermudah aktivitas sehari-hari Anda dan keluarga. Selamat memilih!

Oleh: Redaksi momobil.id

Foto: istock photo

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas