5 Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 27 September 2018

5 Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas

Tips Mesin Mobil | Mobil Bekas

Alasan ragu dan khawatir saat membeli mobil bekas adalah karena tidak paham history kendaraannya. Penampilan luarnya mungkin bisa terlihat oke, tetapi kalau masalah permesinan belum tentu. Nah, sebisa mungkin kondisi mesin mumpuni saat Anda membelinya, karena ini akan menghemat maintenance selanjutnya serta berpengaruh dengan proses tawar-menawar harga beli. Berikut ada 5 cara mengecek kondisi mesin mobil bekas sebelum Anda yakin membelinya:

Memeriksa ruang mesin

Lakukan pemeriksaan pada bagian mesin untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan, penyok, atau karat. Pastikan Anda menemukan label berisi nomor rangka mobil untuk kecocokan dan orisinalitas mesin. Perhatikan pula selang dan sabuk hingga tongkat pengukur oli transmisi.

Kondisi mesin

Kerusakan pada bodi masih bisa terlihat meski diperbaiki secara rapi. Tetapi untuk kerusakan mesin mobil, Anda harus sangat detail mengeceknya karena ada beberapa komponen yang letaknya berada sangat dalam dan tak terlihat. Cara mudah untuk mengeceknya adalah dengan memeriksa tingkat kekotoran mesin, lalu menyalakan mesinnya untuk memastikan apakah ada yang merembes atau tidak.

Starter mobil

Jika Anda sudah yakin dengan kondisi fisik mesin, nyalakan mobilnya. Mesin mobil yang baik akan langsung menyala dan tidak tersendat-sendat meskipun dalam keadaan dingin. Suara yang halus dan konstan menandakan kondisi mesin masih sangat baik. Dengar secara saksama apakah ada suara gesekan logam atau suara aneh lainnya di dalam mobil atau tidak.

Cek knalpot

Jika saat Anda menyentuh knalpot, jari Anda menjadi menghitam, maka diduga ada kebocoran pada seal atau klep mobil bekas tersebut. Hal itu menandakan bekas pembakaran pada mesin yang ada di ujung knalpot tak bersih, dan menunjukkan terjadi masalah pada mesin. Namun jika Anda menemukan tetesan air pada knalpot, itu hal wajar dari sisa proses pendinginan mesin dan tidak berpengaruh pada mesin mobil.

Test drive

Lakukan tes jalan di berbagai medan, mulai dari jalanan macet, menanjak, menurun, berkelak-kelok, hingga jalanan lurus dengan jarak tempuh ideal. Apabila perubahan dan kecepatan gigi dan putaran mesin cukup baik, maka dapat disimpulkan akselerasi mobil masih bagus. Yang menjadi penilaian utama saat melakukan test drive adalah performa mesin, perpindahan transmisi, dan juga kehandalan rem.

Ketelitian sangat diperlukan saat memutuskan untuk membeli mobil bekas, agar tidak terjadi masalah atau penyesalan di kemudian hari. Anda pun tidak ingin pastinya mengeluarkan biaya ekstra jika membeli mobil bekas yang mesinnya ternyata di bawah ekspektasi. Jika masih ragu, ajak rekan yang paham tentang mesin untuk mendapatkan penilaian darinya.

Oleh : Redaksi  momobil.id

Foto : iStock

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas