5 Cara Mengemudi Mobil Saat Ban Meletus

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 17 January 2019

5 Cara Mengemudi Mobil Saat Ban Meletus

Tips Mobil Mobil Bekas

Pernah mengalami ban mobil tiba – tiba meletus saat Anda berkendara? Tentunya akan terjadi kepanikan yang dapat berdampak pada lepas kontrol. Apalagi ban meletus saat mobil tengah berkecepatan tinggi, hal ini juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan terbesar di jalan raya. Penyebabnya pun beraneka ragam, seperti kurangnya tekanan udara pada ban, kebotakan pada ban, atau ban tertusuk benda tajam di jalan. Pecah ban memang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para pengemudi. Ada beberapa cara mengemudi mobil yang harus Anda ketahui untuk mengantisipasi kondisi demikian.

Fokus dan Tetap Tenang
Dengan bersikap tenang, Anda akan tetap memegang kendali mobil yang mulai terguncang karena ban meletus. Fokus kendalikan mobil Anda untuk menepi dan lepas injakan pada pedal gas agar terbantu oleh engine brake.

Hindari Rem Mendadak

Jangan pernah menginjak pedal rem hingga penuh saat ban meletus. Hal tersebut akan mengakibatkan ketidakseimbangan yang berdampak kecelakaan. Injaklah pedal rem perlahan – lahan sehingga mobil Anda masih dalam kondisi yang dapat dikendalikan.

Counter Steering

Jika ban mobil Anda meletus di bagian kiri, maka setir akan terasa berat dan cenderung mengarah ke kiri. Maka dari itu, arahkan setir Anda ke kanan agar tetap berjalan lurus. Begitu pula jika yang terjadi adalah sebaliknya.

Jaga Keseimbangan

Jika pecah ban terjadi dalam kecepatan tinggi, maka butuh kemampuan yang mumpuni untuk mengatasinya. Dengan mengurangi gas secara perlahan dan bertahap dapat menyeimbangkan kendaraan Anda. Kurangi juga beban yang menumpu pada posisi ban yang pecah.

Jaga Kecepatan

Jangan lepas injakan pada pedal gas secara langsung dan mendadak. Pertahankan laju kendaraan dan lepaskan injakan pada pedal gas secara perlahan. Setelah kecepatan berkurang, biarkan engine brake membantu menahan laju kendaraan Anda.

Perlu dicatat bahwa pengereman mendadak akan memindahkan bobot mobil ke depan dan setir akan menarik ke arah ban yang pecah dan dapat berakibat pada terbaliknya mobil Anda. Tetap perhatikan kondisi mobil Anda secara rutin sebelum melakukan perjalanan agar masalah cepat diketahui.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas