5 Faktor Utama Sebelum Beli Mobil Kredit

Ditulis oleh : admin | 17 May 2018

5 Faktor Utama Sebelum Beli Mobil Kredit

Beli Mobil Kredit | Kredit Mobil

momobil.id – Angka penjualan mobil terus meningkat. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil mencapai 1,079 juta selama 2017. Angka itu bisa terus bertambah, mungkin dari Anda, salah satunya.

Apabila Anda memang berencana membeli mobil di tahun ini, dan dengan cara kredit, alangkah baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Tujuan membeli mobil

Pertimbangkan secara matang kenapa Anda harus kredit mobil. Apakah mobil pribadi akan mempermudah Anda dalam pekerjaan sehari-hari dan keperluan lainnya, atau tidak. Misal, Anda kepala keluarga, memiliki dua anak atau lebih, sehingga lebih nyaman berpergian menggunakan mobil pribadi.

Sekadar saran, sebaiknya jangan beli mobil kredit karena alasan gengsi kepada teman.

Kemampuan finansial

Perencana Keuangan Mohamad Andoko, sebagaimana dilansir dari liputan6.com, menyarankan konsumen harus mempertimbangkan alokasi dana yang ada ketika hendak beli mobil.

Lihat kemampuan finansial, apakah sanggup membayar cicilan rutin tiap bulan yang ditawarkan atau tidak. Perhatikan juga besaran bunganya.

“Seringkali masyarakat nggak tahu bunga yang ditawarkan,” ujar Andoko. “Kebanyakan (untuk kredit mobil) bunganya flat.”

Sekarang ini banyak lembaga pembiayaan menyediakan layanan simulasi kredit mobil secara online. Layanan itu mempermudah konsumen melihat berapa besaran cicilan mobil yang harus dibayar tiap bulan berdasarkan kesanggupan uang mukanya. Rata-rata uang muka kredit mobil 25 – 30 persen.

Lembaga pembiayaan

Ada dua lembaga pembiayaan kredit mobil di Indonesia: Bank dan Leasing. Kedua lembaga ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bank biasanya menawarkan bunga rendah, namun persyaratan kreditnya lebih rumit. Sementara leasing lebih mudah pengajuannnya, tapi bunganya lebih tinggi.

Keuntungan lain leasing, adanya beragama promo yang ditawarkan, serta dapat mengajukan kredit mobil secara online. Bahkan leasing seperti Adira Finance (momobil.id) menawarkan bantuan untuk mengecek kondisi mobil yang akan dibeli. Anda juga bisa berkonsultasi dengan staf ahlinya.

Jenis dan tipe mobil

Mobil punya beragam jenis dan tipe. Pemilihan beli mobil bekas atau baru tetap harus memperhatikan kebutuhan dan anggaran yang dipunya. Jangan terlalu memaksakan diri membeli mobil di luar kemampuan Anda.

Program asuransi

Ketika Anda beli mobil secara kredit, alangkah baiknya mengikuti asuransi untuk melindungi kendaraan. Anda dapat memilih ikut Total Loss Only (TLO) atau All Risk. Perbedaan keduanya, TLO hanya menanggung kehilangan mobil dan kerusakan mobil lebih dari 70 persen. Sedangkan All Risk menanggung kerusakan karena berbagai macam musibah atau kehilangan.

Oleh : Putra

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas