5 Hal yang Harus Dihindari Saat Membeli Mobil Bekas di Akhir Tahun

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 20 December 2018

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Membeli Mobil Bekas di Akhir Tahun

Tips Mobil | Mobil Bekas

Membeli mobil bekas di akhir tahun akan menjadi momen tepat untuk punya kendaraan pribadi. Alasannya banyak penjual kendaraan roda empat ini ingin mengganti barang jualannya dengan stok terbaru. Juga akan banyak promo dan discount besar-besaran agar barang cepat habis. Meskipun demikian, Anda harus tetap teliti untuk membelinya agar tidak kecewa. Untuk meminimalisasi risiko kerugian, ada 5 hal yang perlu Anda hindari ketika membeli mobil dengan status bekas di penghujung tahun.

  • Tergiur Harga Murah

Mengingat akhir tahun, maka tak heran bila berbagai promo dan penawaran menarik bermunculan, terutama di bursa mobil bekas. Harga murah memang begitu menggoda, apalagi jika itu berlaku pada mobil incaran Anda selama ini. Namun, Anda tidak boleh mudah tergiur. Jangan sampai Anda mengalami murah di awal, tapi boros di akhir akibat salah pilih.

  • Malas Mencari Tahu Sejarah Mobil

Penyesalan memang selalu datang di akhir, namun ini bisa dihindari dengan banyak riset mengenai latar belakang mobil incaran Anda. Jadi, apa saja yang patut Anda perhatikan, pastikan, dan pertimbangkan? Tampilan luar mobil, performa mesin, kelengkapan surat, serta tampilan dalam dan aksesoris mobil.

  • Tidak Paham Mesin

Biasakan untuk melakukan riset sebelum membeli mobil bekas. Apalagi jika Anda termasuk orang yang awam dengan mesin. Bila perlu, ajak salah satu anggota keluarga atau teman yang kompeten soal mesin mobil untuk menemani Anda dalam memastikan kondisi dan performa mesin mobil dalam keadaan baik, serta keaslian komponen mesin saat melakukan test drive.

  • Mengabaikan Catatan Service Mobil

Mendapatkan mobil tangan kesekian yang terawat tentu saja akan menguntungkan Anda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memeriksa catatan service mobil dari pemilik sebelumnya. Pihak bengkel biasanya akan memiliki riwayat perawatan yang akan membantu Anda dalam menilai kelayakan mobil tersebut. Untuk keamanan dan kenyamanan ke depannya, sebaiknya Anda memilih mobil bekas yang rutin di service, terutama di bengkel resminya.

  • Melewatkan Test Drive

Meski performa dan riwayat mobil tampak baik, namun bukan berarti Anda tidak perlu mencoba mengemudikannya di jalan. Jangan terburu-buru saat melakukan test drive. Perhatikan getaran mesin, suara mesin, dan asap dari knalpot. Rasakan pula kenyamanan Anda saat memindahkan persneling serta memijak pedal gas, rem, dan kopling, khususnya untuk mobil manual.

Dalam upaya mendapatkan mobil bekas berkualitas, Anda juga perlu membeli di tempat penjualan mobil terpercaya. Agar semakin yakin dan puas saat membeli mobil bekas, Anda dapat melakukan tes fisik di kantor samsat untuk menyamakan data yang ada. Tak ketinggalan, jangan lupa untuk membandingkan mobil bekas yang satu dengan yang lainnya sehingga Anda benar-benar bisa mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas