5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Modifikasi Jok Mobil

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 9 January 2019

5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Modifikasi Jok Mobil

Spare Part Mobil | Mobil bekas

Mungkin Anda tidak terlalu puas dengan jok mobil bawaan pabrikan. Atau juga ingin tampil nyentrik dengan jok kelas premium. Maka solusinya adalah menggantinya dengan jok pilihan Anda, baik secara keseluruhan atau hanya cover-nya saja. Tapi jangan asal mengganti jok, ada yang harus diperhatikan agar modifikasi jok tidak mengganggu fungsi dari jok itu sendiri:

  • Mempertimbangkan Tinggi Sandaran, Kedalaman dan Lebar Jok

Tinggi jok mobil pabrikan sudah sesuai standar keamanan dan kenyamanan. Untuk memodifikasinya, dapat dimulai dari tinggi standar tersebut lalu disesuaikan dengan tinggi yang diinginkan. Sedangkan kedalaman dan lebar jok, posisinya bisa berdasarkan lebar tulang panggul orang dewasa dan panjang paha pada posisi duduk.

  • Mempertimbangkan Sudut Sandaran, Alas Tempat Duduk, dan Ergonomis

Apapun bentuknya, harus selalu membuat pengemudi dan penumpang nyaman. Ini berkaitan dengan tulang belakang yang harus diutamakan agar tidak lekas lelah atau bermasalah sepanjang jalan. Posisi duduk harus diutamakan karena berpengaruh terhadap faktor kesehatan tulang dan ergonomis geraknya.

  • Mempertimbangkan Head Rest

Modifikasi jok yang baik harus mempertimbangkan posisi head rest yang nyaman, baik untuk pengemudi maupun penumpang. Juga mempertimbangkan head rest sebagai alat pengaman jika terjadi benturan dari depan maupun belakang agar tidak berdampak fatal.

  • Mempertimbangkan Ruang Kaki

Dudukan jok yang terlalu panjang hingga membuat kaki menggantung, akan menyulitkan pengemudi mengoperasikan instrumen yang menggunakan kerja kaki. Maka sesuaikan panjangnya dengan jok standar pabrikan sebagai panduan ukurannya.

  • Mempertimbangkan Bahan Jok Mobil

Material jok harus lebih baik dari jok standar pabrikan. Alasannya karena selain tujuan utamanya adalah untuk menambah kenyamanan dan juga meredam getaran, mengganti jok pabrikan dengan jok modifikasi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pada prinsip pembuatannya, jok mobil pabrikan dibuat dan didesain dengan berbagai pertimbangan terbaik agar pengemudi dan penumpang aman dan nyaman berkendaraan. Keinginan memodifikasi jok utamanya mempertimbangkan ukuran, bentuk, material yang digunakan, faktor fleksibilitas ruang gerak, serta kenyamanan. Selamat memodifikasi!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas