5 Jenis Paint Defect Pada Mobil

Ditulis oleh : admin | 24 January 2017

5 Jenis Paint Defect Pada Mobil

Layaknya manusia, mobil pun bisa tua. Dan layaknya orang tua yang mengeriput, mobil pun juga bisa mengeriput dalam bentuk cat yang memudar. Sedih rasanya bukan jika mobil kesayangan yang selama ini menemani Anda lama-kelamaan mengalami penuaan cat hingga mengelupas dan memudar? Meskipun ada cara untuk merawat bodi dan cat mobil, terkadang penuaan cat tidak bisa terhindar.

Baca Juga : Poles Mobil Anda Dengan Carnauba Wax

Kerusakan pada cat atau paint defect pada cat bodi mobil ini berbagai macam bentuknya, bahkan bukan hanya karena penuaan. Penyebab dan cara menghilangkannya pun berbeda-beda. Apa saja masalah cat mobil atau paint defect tersebut? Ini dia daftarnya:

Runs (Meleleh)

Jenis Paint Defect Pada Mobil
Source: wordpress.com

Pernah melihat cat yang terlihat meleleh di cat bodi mobil? Ini merupakan salah satu bentuk paint defect yang disebabkan oleh proses pengecetan yang tidak sempurna. Biasanya, hal ini terjadi karena cat terlalu tebal atau kental ketika sedang mengecat. Cara menghilangkannya bisa dengan diampelas, namun jika sudah terlalu tebal lebih baik melakukan proses pengecetan / penyemprotan ulang.

Orange Peel (Kulit Jeruk)

Source: inver.com

Tentu Anda ingat betul kan seperti apa tekstur kulit jeruk? Nah cat bodi mobil Anda pun juga bisa terlihat seperti kulit jeruk (namun bukan dalam konteks positif). Sama seperti Runs, paint defect yang satu ini juga diakibatkan oleh proses pengecatan yang tidak sempurna. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti formasi cat yang tidak tepat, tekanan udara terlalu kecil ketika menggunakan spray gun, dan suhu ruang pengecatan yang terlalu panas.

Cara menghilangkan kulit jeruk ini bisa dengan menggunakan ampelas lalu dipoles. Namun, jika terlampau parah, sebaiknya lakukan proses cat ulang.

Clouding (Menyerupai Awan)

Source: autobild.co.id

Cat bodi mobil Anda terlihat tidak rata dan berembun seperti awan? Itu bisa jadi diakibatkan oleh kesalahan proses pengecatan. Hal ini umum terjadi karena proses pelapisan cat yang tidak merata atau campuran warna yang tidak sepadan. Untuk menghilangkannya, bisa dengan memberi lapisan tambahan untuk menutupi paint defect ini.

Cracking (Retak)

Source: kia-forums.com

Yang paling sering kita lihat sehari-hari, yaitu retak / kerak pada cat bodi mobil. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penuaan atau proses pengecatan yang salah. Pada penuaan, cracking terjadi karena bagian coat yang sudah memudar sehingga cat menjadi rentan karena cuaca, sedangkan dalam proses pengecatan, cracking terjadi hasil pencampuran material cat yang terlalu tebal atau tidak tepat. Biasanya, retak diatasi dengan dikerok dan dicat ulang.

Chipping (Kerusakan Kecil)

Source: cartouchupservices.com

Bentuknya yang kecil seperti luka, juga membuat paint defect ini disebut luka kecil pada cat. Chipping biasanya terjadi karena kerikil atau benda kecil lainnya yang berbenturan dengan bodi mobil ketika sedang melaju. Memang terlihat kecil, tapi jika banyak akan merusak tampilan mobil Anda. Cara mengatasinya bisa dengan melakukan pengecatan ulang atau menambah basecoat pada cat bodi mobil.

Dari kelima paint defect di atas, mana yang Anda alami pada mobil Anda sekarang? Sebaiknya segera lakukan penanganan sekarang agar cat pada mobil Anda tetap terawat dan tetap memiliki nilai jual. Namun, jika Anda pasrah dengan keadaan mobil dan ingin mengganti mobil saja, mungkin sudah saatnya Anda mencari mobil second bekas di Momobil.Id.

mobil terkait

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 405.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas