5 Kelebihan Mobil Diesel yang Wajib Anda Tahu

Ditulis oleh : admin | 23 February 2017

5 Kelebihan Mobil Diesel yang Wajib Anda Tahu

Memasuki tahun 2017, dunia otomotif semakin dilengkapi dengan berbagai macam mobil dengan jenis yang unik dan tentunya desain yang menarik. Di Indonesia sendiri, mobil-mobil tipe hatchback masih menjadi primadona. Namun, akhir-akhir ini berbeda, Indonesia menemukan fenomena baru dalam dunia otomotif, yakni semakin digemarinya mobil-mobil jenis SUV yang makin menjamur di tiap sudut jalanan di Indonesia, baik kota kecil maupun kota besar. Mobil SUV adalah tipe mobil dengan body besar dan punya ukuran mobil yang tinggi dari permukaan tanah sehingga mobil ini cocok untuk digunakan untuk berbagai kondisi jalanan.

Baca Juga : 3 Mobil yang Cocok untuk Daerah Banjir

Nah, mobil SUV biasanya didesain dengan mesin diesel yang punya kekuatan mesin lebih kuat dibanding mobil berbahan bakar bensin. Maka dari itu tidak heran jika mesin diesel sering digunakan pada mobil-mobil besar, baik itu mobil untuk penumpang maupun untuk industri. Memang apa sih kelebihan mobil diesel? Banyak sekali! Jika Anda belum tahu apa kelebihan mobil diesel, berikut kami merangkumnya untuk Anda :

Kelebihan mobil diesel
Source: amazine.co

1. Mesin diesel punya torsi maksimum pada RPM rendah

Sudah bukan rahasia lagi jika kelebihan mobil diesel adalah hematnya konsumsi bahan bakar dibanding mobil berbahan bakar bensin. Mengapa bisa begitu ya? Mobil diesel menghasilkan torsi yang lebih rendah dibanding mobil bensin. Nah, mesin diesel mampu melakukannya pada RPM rendah sehingga konsumsi bahan bakar pada mobil diesel jadi lebih efisien. Sederhananya, kelebihan mobil diesel satu ini adalah, konsumsi bahan bakar yang sedikit saja sudah bisa menghasilkan tenaga yang begitu luar biasa sehingga jauh lebih hemat dibanding mobil bensin.

2. Anti kena overheat

Apa sih penyebab utama mobil bisa over heat? Yakni adanya uap yang dikeluarkan oleh konsumsi bahan bakar, dan biasanya uap ini dihasilkan oleh mobil berbahan bakar bensin. Untuk mobil diesel yang berbahan bakar solar, tidak akan mengeluarkan uap sehingga potensi mobil akan over heat atau kebakaran jauh lebih kecil dibanding mobil bensin. Hal ini tentu menjadi salah satu kelebihan mobil diesel ketika membawa mobil di jalan raya yang sibuk dan rentan dengan suhu panas yang tinggi.

3. Mobil diesel lebih tahan lama

Rasanya hal ini juga bukan rahasia umum lagi jika mobil diesel dapat bertahan selama bertahun-tahun. Mengapa bisa begitu ya? Rata-rata mobil diesel tidak membutuhkan pengapian yang begitu tinggi sehingga resiko kerusakan mesin sangat kecil. Tidak hanya itu, pada masa sekarang, mesin diesel sudah dilengkapi dengan turbo sehingga mobil diesel jadi lebih sempurna lagi karena kelemahan-kelemahan mesin diesel yang lalu semakin diminimalisir. Jika Anda mencari mobil yang tahan bertahun-tahun, kelebihan mobil diesel yang satu ini bisa menjadi referensi Anda untuk beli mobil dengan mesin diesel.

4. Pengapian otomatis

Kelebihan mobil diesel lainnya adanya pengapian otomatis yang tidak didapatkan pada mobil bensin. Maksudnya apa ya? Mobil diesel tidak menggunakan busi dan kawat sehingga Anda akan diuntungkan dengan pemeliharaan yang lebih efisien dibanding mobil bensin. Artinya, mobil diesel hanya menggunakan komponen sedikit untuk beroperasi, sedangkan mobil bensin menggunakan semua komponen hanya untuk membuat pengapian. Dengan adanya pengapian otomatis ini tentu akan menguntungkan pengendara mobil diesel sebab biaya pemeliharaan mobil jauh lebih murah.

5. Kerugian biaya kepemilikan lebih rendah

Menimbang dari biaya perawatan yang sangat minim dari mobil diesel, bisa dikatakan seseorang yang mempunyai mobil diesel akan lebih diuntungkan dari segi biaya operasional. Khusus dalam hal bahan bakar, mobil diesel jauh lebih hemat dibanding mobil bensin sehingga perbedaan biaya yang dikeluarkan untuk mobilitas antara mobil diesel dan bensin terpaut jauh. Belum lagi nilai penyusutan mobil diesel tidak begitu turun secara signifikan, lebih menguntungkan pemilik ketika ingin menjual mobil diesel. Mengapa bisa seperti itu? Melirik kualitas yang dimiliki oleh mobil diesel, mobil jenis ini tidak mengalami penurunan harga yang berarti ketika dijual kembali secara bekas sehingga perbedaan harga beli dan jual tidak berbeda jauh. Hal ini yang tidak bisa didapatkan pada mobil bensin.

Itulah 5 kelebihan mobil diesel yang wajib Anda ketahui. Baik membeli mobil diesel baru atau bekas, bisa diyakini Anda tidak akan merugi karena memang pada dasarnya mobil diesel memiliki kualitas yang memang memiliki efek ekonomis yang tinggi sehingga tidak heran jika mobil diesel masih populer hingga saat ini, baik mobil keluarga maupun untuk tujuan industri. Nah, Momobil.id sebagai situs jual beli mobil bekas terlengkap banyak menjual ragam mobil diesel bekas berkualitas yang bisa Anda beli dengan proses kredit yang sangat mudah. Mengapa mudah? Sebab pengurusan kredit di Momobil.id semuanya melalui online yang akan membuat semua proses jadi lebih praktis. Tunggu apa lagi? Yuk cek Momobil.id sekarang juga!

mobil terkait

Rp 153.000.000

Individu

JEMBER

Rp 98.000.000

Individu

JEMBER

Rp 117.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas