5 Tips Membeli Spare Part Mobil di Online Shop

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 22 November 2018

5 Tips Membeli Spare Part Mobil di Online Shop

Tips Mobil | Mobil Bekas

Era digital saat ini membuka kesempatan bagi semua orang untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhan, termasuk memudahkan mendapatkan barang sesuai keinginan Anda. Seperti online shop atau marketplace yang menjual spare part mobil. Namun terkadang ada kasus dimana barang yang di order berbeda dengan barang yang diterima. Lalu ketika ingin komplain, sangat sulit prosesnya. Untuk menghindari hal serupa, ikuti beberapa tips berikut sebelum Anda mengklik spare part sesuai kebutuhan di online shop.

Namun umumnya jika ingin sebuah kemudahan saat order via online, Anda bisa order spare part baru. Tetapi jika Anda mencari spare part dengan kondisi bekas butuh upaya lebih, karena Anda harus melakukan pengecekan langsung ke penjualnya. Lantas hal apa yang seharusnya dilakukan saat melakukan pembelian spare part di online shop?

Belanja yang dibutuhkan saja

Melihat tampilan barang yang banyak, membuat jari gatal untuk meng-klik tombol transaksi. Padahal belum terlalu dibutuhkan barang yang sudah Anda klik tersebut. Catat yang akan dibelanjakan, belanjakan yang dicatat. Itu trik manajemen yang berlaku pula pada saat belanja online agar kantung tetap aman.

Lengkapi informasi

Melengkapi informasi dalam hal ini tidak saja membaca deskripsi barang, tetapi juga mengetahui seluk-beluk barang dari sumber informasi lainnya. Umumnya situs belanja online yang baik akan menyertakan kolom ulasan bagi pembeli sebelumnya, sehingga bermanfaat bagi Anda menilai pelapak baik dari segi service maupun komplain yang ada. Selain itu juga agar barang yang Anda cari dan butuhkan benar-benar sesuai dengan spesifikasi.

Baca kebijakan situs belanja online untuk melindungi data pribadi

Saat order, ada term & condition yang harus dibaca oleh konsumen. Tujuannya adalah mengatur transaksi jika ditemui masalah atau klaim. Poin – poin penting yang harus Anda cermati adalah poin melindungi data pribadi konsumen ke pihak lain dan sistem klaim jika ditemui masalah pada pembelian produk.

Baca deskripsi produk dengan teliti

Deskripsi produk pada sistem marketplace, dibuat oleh pelapak atau penyedia produk. Tetapi jika online shop yang dikelola perseorangan atau per lembaga, Anda harus memastikan via chat.

Rajin membaca rekomendasi

Ini untuk memastikan bahwa situs tempat Anda belanja aman dan terproteksi saat memasukkan informasi pribadi. Caranya adalah dengan memeriksa tanda keamanan yang ada di situs tersebut. Alamat situs yang aman ketika Anda memasukkan data pribadi, pada bagian depannya tertulis https, bukan http. Artinya situs tersebut aman untuk transaksi dan terlindungi secara hukum.

Selamat berbelanja online!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas