5 Tips Merawat Mobil Bekas Anda

Ditulis oleh : admin | 9 December 2016

5 Tips Merawat Mobil Bekas Anda

Semua pemilik mobil pasti menginginkan mobilnya untuk awet dan sehat agar dapat berjalan selama-lamanya. Namun, untuk memiliki mobil yang sehat, tentu tidak semudah itu, terutama bagi pemilik mobil bekas karena Anda tidak akan pernah tahu persis bagaimana pemilik sebelumnya merawat mobilnya. Walaupun demikian, Anda tetap dapat merawat mobil bekas Anda untuk memperpanjang umurnya dan mengurangi risiko teknikal. Kira-kira apa saja tips merawat mobil bekas Anda? Yuk baca di bawah ini.

Merawat mobil bekas
Source : optiprix.fr

Ikuti Jadwal Servis Mobil

Mungkin ini adalah tips merawat mobil bekas yang terdengar terlalu mudah, tapi pada kenyataannya banyak pemilik mobil yang mengabaikan jadwal servis yang sudah tertera pada owner manual. Yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa dalam tips merawat mobil bekas Anda, sebaiknya Anda mengikuti jadwal yang sudah disarankan oleh manufaktur mobil Anda, bukan dealer atau distributor, karena pada dasarnya manufaktur mobil adalah yang memproduksi mobil Anda dari nol, hingga mereka pasti tahu yang terbaik untuk mobil Anda.

Source: kalender-365.se

Periksa Cairan dan Tekanan Udara Ban Anda Secara Rutin

Ini adalah hal yang wajib dilakukan setiap minggu karena tidak akan memakan waktu yang banyak. Setiap minggu, atau dua kali dalam sebulan, Anda harus memeriksa air di dalam radiator, dan juga tingkat cairan dalam power steering mobil Anda. Selain itu, Anda juga sebaiknya periksa cairan transmisi saat menghidupkan mobil Anda. Dan yang terakhir, dalam keadaan mati, periksa tekanan ban Anda dan pastikan tekanan tersebut pada PSI yang benar.

Source: autobild.co.id

Jangan Langsung Mengendarai setelah Menyalakan Mesin

Jika ini adalah mobil pertama Anda, atau pertama kali Anda harus merawat mobil bekas Anda sendiri, mungkin Anda pernah memperhatikan orang tua atau kerabat Anda yang dalam mengendarai mobilnya tidak akan langsung menekan pedal gas setelah menyalakan mobil. Ini penting untuk diikuti karena mesin yang dingin, atau yang sudah lebih dari 5 jam ditinggal dalam keadaan mati, akan kering dan sudah tidak lagi dilumuri oli. Dengan memberikan waktu tunggu 30 detik hingga beberapa menit setelah menghidupkan mesin, oli akan melumasi mesin dengan baik, dan proses ini akan optimal jika Anda membiarkan mesinnya dan tidak menekan pedal kopling atau gas terlebih dahulu.

Source: ridergalau.com

Pastikan Tidak Ada Suara-suara Aneh

Dalam keseharian Anda mengendarai mobil bekas Anda, pastikan bahwa tidak ada suara-suara aneh atau asing yang dibuat oleh mobil Anda dalam keadaan idle maupun berjalan. Suara-suara yang perlu diperhatikan bisa macam-macam, seperti suara “klik” yang terdengar terus menerus bisa menandakan adanya paku yang menembus ban, atau suara memekik  yang menandakan rem Anda bermasalah. Apapun suara atau bunyi yang terdengar, segera periksa sendiri atau bawa ke bengkel terdekat, karena masalah sekecil apapun, jika dibiarkan terlalu lama akan membuat sebuah masalah besar yang mungkin akan memerlukan biaya yang besar juga.

Source: otomotifnet.com

Berkendara dengan Hati-hati

Dengan merawat mobil bekas, Anda sebaiknya selalu berhati-hati dalam mengendarainya. “Hati-hati” yang dimaksud di sini adalah bahwa sebaiknya Anda tidak terlalu keras dalam menggunakan rem dan gas. Sesekali berkendara dengan cepat tidak akan ada dampak negatifnya terhadap mobil bekas Anda, tetapi jika Anda selalu memaksimalkan gas Anda, tentu hal ini akan perlahan berdampak negatif terhadap mobil dan mesin Anda.

Source: witrentcar.com

Dari lima tips merawat mobil bekas tersebut, pastikan tidak ada yang tertinggal! Ingat, merawat mobil bekas itu tidak mudah, tetapi jika dilakukan dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa mobil bekas yang Anda beli akan awet dan setia menemani perjalanan Anda kedepannya.

mobil terkait

Rp 178.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas