Ini Dia 5 Tips Perawatan Mobil Pasca Mudik

momobil.id - Sudah menjadi rutinitas tahunan ketika libur lebaran telah usai masyarakat berbondong-bondong kembali ke ibu kota. Perjalanan yang ditempuh pun tidak pendek sehingga mobil Anda dipacu bekerja lebih dari biasanya. Setiba di tempat tujuan pastilah mobil Anda membutuhkan perawatan akibat dari jarak tempuh dari mudik tersebut, ingin tahu apa saja yang harus Anda lakukan agar mobil kembali prima? Berikut tips-tips perawatan mobil:

Ganti Oli Mobil Anda

Lakukanlah hal ini sebagai prioritas utama, karena oli mesin memiliki fungsi yang cukup vital dalam proses kerja mesin. Penggantian oli mobil ini sejatinya dilakukan bila sudah mencapai jarak 3.000 atau 5.000 mil, bila sudah melewati angka tersebut kamu akan dengan mudah mengenali tanda-tanda mesin sudah mengalami gangguan seperti mengeluarkan suara aneh dari mesin.     

Cek Keadaan Radiator Mobil

Fungsi dari radiator mesin mobil adalah untuk menjaga tingkat kedinginan suhu mesin agar tidak membuat mesih menjadi cepat panas atau over heat. Panjangnya perjalanan yang telah kamu tempuh selama mudik pasti membuat kondisi radiator agak melemah, untuk membuatnya dapat tetap bekerja dengan optimal maka perawatan setelah tiba di rumah menjadi penting mengingat bahwa penggantian air radiator harus diganti setiap 10.000 km sekali.

Periksa Komponen Rem dan Kopling

Setelah melakukan perjalanan jauh, ada baiknya mengecek komponen rem dan kopling, karena ada kemungkinan kampas rem dan kopling sudah tipis akibat dari perjalanan jauh. Untuk alasan keamanan, apabila kampas rem dan kopling sudah tipis ada baiknya langsung mengganti dengan kampas rem dan kopling yang baru agar aman selama menggunakan mobil.

Lakukan Spooring Roda

Perjalanan jauh dapat membuat kondisi roda-roda mobil kamu tidak lagi sejajar, karena mungkin selama perjalanan tidak sengaja mengantam lubang, batu di jalanan, dan hal lainnya. Roda yang tidak sejajar akan membuat kenyamanan dalam berkendara kamu disarankan untuk melakukan spooring roda agar roda kembali sejajar dan kenyamanan selama berkendara terjamin.

Tune Up Mobil Secara Rutin

Secara umum, keempat hal tadilah yang biasanya dilakukan lebih dulu dan menjadi prioritas setelah melakukan perjalanan jauh atau mudik. Setelah keempat hal tersebut dilakukan, kamu bisa melakukan tune up mobil dan usahakan secara rutin agar keadaan mesin mobil dapat terjaga dan terawat dengan baik.

share sekarang

 
Tutup

Anda belum membeli mobil apa pun.

Rekomendasi Perkiraan Biaya

12

XSaya tidak tertarik