6 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Membeli Mobil Matik Bekas

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 April 2020

6 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Membeli Mobil Matik Bekas

momobil.id – Membeli mobil bekas merupakan alternatif bagi sebagian orang. Masih banyak orang yang menginginkan mobil bagus dengan harga yang sangat terjangkau. Saat ini, mobil bekas bertransmisi matik banyak dilirik oleh sebagian kalangan. Selain mudah untuk dioperasikan, mobil bertransmisi otomatis juga nyaman untuk dikendarai. Namun calon pembeli mobil bekas harus berhati-hati saat membeli mobil bekas impian. Berikut adalah tips yang harus dilakukan sebelum membeli mobil matik bekas.

Kondisi Mobil

Memeriksa kondisi mobil merupakan hal utama dalam membeli mobil matik bekas. Periksalah bagian eksterior dan interior mobil. Pastikan kondisi mobil prima, belum pernah terkena tabrakan atau terendam banjir. Jika sebelumnya terkena tabrakan keras atau banjir, waspada komponen mobil seperti perangkat elektronik bisa rusak.

Cek Tuas Transmisi

Pengecekan tuas transmisi penting saat membeli mobil bekas. Pastikan perpindahan tuas transmisi halus dan tidak ada hentakan. Untuk mengetes tuas transmisi, nyalakan terlebih dahulu mesin. Setelah itu masukkan tuas transmisi pada posisi D. Jika mobil maju maka tuas transmisi normal, namun ketika mobil tidak bergerak, maka kemungkinan ada masalah pada tuas transmisinya.

Cek Perpindahan Gigi

Gangguan pada perpindahan gigi dapat dites lewat tes jalan. Kendarai mobil pada berbagai kondisi, misalnya seperti berakselerasi, pengereman, dan naik tanjakan. Jika transmisi otomatis berjalan dengan baik, maka tenaga mesin sempurna dan rasio putaran mengikuti percepatan transmisinya. Ketika merasakan tenaga kurang atau perpindahan gigi kurang mulus, maka kemungkinan ada gejala slip.

Waspada Kebocoran

Selain mengecek interior, eksterior, dan kaki-kaki mobil, calon pembeli harus memeriksa kondisi peranti transmisi otomatis. Periksa apakah ada kebocoran oli atau tidak. Perlu diperhatikan bahwa warna oli bermacam-macam, bukan berwarna merah saja. Jika melihat ada kebocoran, maka segeralah servis mobil.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Sport yang Baik dan Benar

Periksa Indikator

Calon pembeli mobil harus memastikan lampu indikator mobil menyala dengan normal tanpa ada peringatan tidak lazim pada meter cluster. Bila indikator transmisi menyala, calon pembeli harus berhati-hati karena kemungkinan ada masalah pada bagian elektrikal.

Cek ke Bengkel Bersama

Memeriksa mobil bekas bersama ke bengkel spesialis disarankan apabila ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Hal ini merupakan hal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Pada sisi penjual, ketika transmisi dalam keadaan baik, maka harga mobil bisa bertahan.Hal ini uga berdampak positif pada pembeli, dimana akan merasa aman ketika membeli mobil bekas.



Kembali ke atas