6 Komponen Kaki Kaki Mobil yang Mesti Anda Ketahui

Komponen Kaki Kaki Mobil | Tips Otomotif

 

momobil.id - Sebagai pengendara mobil yang baik, Anda harus tahu komponen kaki kaki mobil yang harus rutin dirawat agar kondisinya tetap prima saat digunakan untun berpergian.

Berikut momobil.id rangkumkan komponen kaki kaki mobil dari berbagai sumber untuk bisa Anda pahami.

Ban Mobil

Sebagai komponen kaki mobil yang utama, ban mobil memiliki fungsi, antara lain sebagai penahan seluruh berat kendaraan, sebagai bantalan yang menjadi penghubung antara permukaan jalan dengan kendaraan dan sebagai pengatur kenyamanan pada saat berjalan di permukaan tidak rata dan untuk menahan goncangan di jalan berlubang.

Suspensi

Sebagai peredam kejut atau getaran pada mobil, suspensi dapat membuat laju mobil tetap stabil dan membuat Anda merasa nyaman saat melibas jalan berlubang atau bergelombang.

Ada dua jenis suspensi, yaitu tipe rigid (tipe tidak bebas) dan tipe independen (bebas) yaitu tipe suspensi yang dapat bergerak bebas karena antara roda kiri dan kanan tidak bisa dihubungkan, sehingga kedua roda tidak saling memengaruhi.

Tie Rod

Tie rod adalah komponen kaki kaki mobil yang berfungsi sebagai penghubung setir dan pengikat roda agar dapat dibelokkan ke kiri dan ke kanan. Tie rod memiliki bentuk bundar dengan ukuran sebesar kelereng.

Ball Joint

Seperti namanya, ball joint memiliki posisi di dudukan roda dan sebagai penghubung lengan ayun untuk memudahkan suspensi bergerak yang menahan roda agar tidak lepas dari chasis.

Bushing

Komponen yang berbentuk karet ini berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang tersambung. Ada dua jenis bushing berdasarkan tempatnya, yaitu stabilizer sebagai pengikat ke chasis mobil dan menyeimbangkan kedua suspensi kiri dan kanan. Jenis kedua ada bushing swing arm, yaitu bushing yang mampu meredam getaran pada saat mobil berjalan.

Bearing

Komponen kaki mobil bearing atau juga bisa disebut dengan laher ini memiliki fungsi sebagai bantalan roda agar roda dapat berputar dengan mereduksi atau memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar, sehingga perputarannya menjadi lebih halus dan lancar.

Sebagai komponen sentral, bearing menjadi faktor penentu kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Sebab tanpa bearing roda, mesin mobil akan cepat panas, bergetar dan komponen putar di dalamnya menjadi patah.

Oleh: Dwi Septi

Foto: Istimewa - Komponen Kaki Kaki Mobil

Berita Terbaru

  • 3 Jenis Mobil Yang Bikin Mudik Lebih Hemat
    • 16 Apr 2019
  • Mobil Kecil Jadi Trend Buat yang Muda
    • 09 Apr 2019
  • 4 Modifikasi Mobil Unik di Indonesia – Dari Batman Hingga Fast Furious
    • 01 Apr 2019
  • Deretan Mobil Mewah Pilihan Miliuner Muda
    • 31 Mar 2019
  • 4 Tips Mengatasi Phobia Mengemudi Mobil
    • 30 Mar 2019