6 Tips Cara Membeli Spare Part Mobil Bekas

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 19 November 2018

6 Tips Cara Membeli Spare Part Mobil Bekas

Spare Part Mobil | Mobil Bekas

Mobil bekas yang terbiasa terawat dengan baik, tidak akan mendatangkan masalah di kemudian hari. Sebaliknya, mobil bekas yang terbiasa buruk perawatannya, akan mendatangkan masalah di kemudian hari. Tetapi untuk mengetahui info mengenai track record tersebut dari penjualnya tidaklah mudah. Cara paling baik saat membeli mobil bekas adalah menelitinya secara detail untuk mengetahui kurang lebihnya, termasuk mencari tahu spare part mobil pilihan Anda.

Untuk spare part, mudah sebenarnya menanganinya. Jika ditemui ada kerusakan atau masalah umur penggunaan, tinggal ganti saja dengan yang baru. Tetapi harga spare part yang baru seringkali dibandrol dengan harga yang mahal.

Ada solusi lainnya untuk melakukan penggantian spare part. Paling ekonomis adalah membeli bekas, dengan harga bersahabat namun tetap berkualitas. Bagaimana cara mendapatkannya? Berikut beberapa tipsnya:

Mendata komponen yang akan diganti

Ini tindakan standar sebelum Anda melakukan penggantian spare part. Cek dan data lebih dulu komponen yang akan diganti, kemudian cek estimasi biaya penggantian untuk mempersiapkan budget-nya, apakah akan menggunakan spare part baru atau bekas. Ingat, spare part bekas yang dimaksud di sini adalah spare part original yang sudah bekas pakai tapi masih bisa digunakan.

Pengecekan kondisi spare part bekas

Karena bekas, Anda harus teliti dalam pengecekan kondisinya. Kelayakan spare part bekas akan menentukan harga jualnya. Tidak sedikit spare part bekas berkondisi baik harganya tidak jauh berbeda dengan harga baru. Umumnya karena kelangkaan barang, kemampuan bernegosiasi Anda dalam hal ini benar-benar teruji.

Bijak membeli spare part online

Perlu dicatat, meskipun membeli spare part bekas via online dapat meringankan waktu dan biaya pencarian barang, tetapi belum tentu dengan kondisi barang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Sebaiknya setelah mendapatkan barang yang dicari, langsung lakukan pengecekan. Jangan lekas percaya dengan kondisi barang yang ditawarkan.

Komparasi harga jual bekas dan baru

Seperti yang sudah dibahas pada point pertama, ada spare part bekas yang harganya tidak berbeda dengan harga baru. Hal ini bisa disebabkan karena kelangkaannya atau masih ada garansi yang membuat harganya bertahan. Mengkomparasi harga baru dan bekas akan membantu Anda menekan budget.

 Menanyakan alasan spare part bekas tersebut dijual

Ini untuk memastikan apakah spare part bekas yang dijual tersebut dalam kondisi rusak atau tidak. Juga legal atau tidak. Tidak ada salahnya Anda minta jaminan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan yang dijanjikan. Jadi jika spare part belum terpasang dan tidak bisa terpakai, Anda bisa mengembalikannya.

Cek garansi

Sedikit kemungkinan spare part yang sudah digunakan 2 tahun lebih masih bergaransi. Umumnya jika masih bergaransi, harga jual spare part masih tinggi. Begitu sebaliknya.

Rasional dan teliti adalah dua modal utama saat mencari spare part bekas. Jangan terburu-buru memutuskan sebelum mengecek dengan detail. Sebab kondisi mobil Anda kedepannya yang akan dipertaruhkan. Selamat berburu!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas