6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 30 January 2024

6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas dengan Harga Terjangkau

momobil.id – Membeli mobil baru bukan menjadi sebuah keharusan bagi sebagian orang. Untuk mendapatkan harga yang murah, mobil bekas bisa menjadi alternatif yang tepat. Perlu diingat bahwa kondisi mobil bekas tentu tidak sebaik mobil baru. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau. Berikut ulasannya!

1. Menyesuaikan dengan Budget dan Kebutuhan

Sebelum membeli mobil bekas, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Rencanakan skema pembayaran sejak awal agar tidak membebani keuangan.

Pembayaran mobil bekas bisa dilakukan dengan cara tunai atau kredit. Jika membeli mobil dengan cara kredit, maka perhatikan terlebih dahulu bunga yang dibebankan. Selain itu, pastikan bahwa angsuran per bulannya tidak melebihi 35% dari pemasukan per bulan.

Ada beragam jenis mobil bekas yang bisa dpilih, antara lain sedan, hatchback, SUV, MPV, dan lainnya. Sesuaikan jenis mobil dengan kebutuhan sehari-hari. Jika menginginkan mobil yang muat banyak, maka pilihlah MPV. Apabila menginginkan kendaraan yang mampu melibas segala medan, pilih mobil berjenis SUV.

2. Cek Bagian Eksterior dan Interior Mobil

Bagian penting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas adalah eksterior dan interior. Pastikan memilih mobil bekas dengan kondisi eksterior terawat dan interior rapih.

Bagian eksterior dari mobil perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Pastikan kondisi pintu, kap mesin, dan cat mobil masih original. Hal yang terpenting dalam memeriksa bagian mobil adalah kondisi dari rangka mobil. Pastikan rangka mobil tidak ada bekas perbaikan atau tabrakan.

Saat melakukan pemeriksaan pada bagian interior, pastikan komponen seperti AC, sistem audio, switch lampu, serta fitur-fitur keamanan bekerja dengan baik. Periksa juga kondisi jok mobil dan dashboard, jangan sampai ada robek atau retak.

3. Cek Riwayat Servis Kendaraan

Setiap mobil bekas memiliki kondisi yang berbeda-beda tergantung perawatan dari pemilik sebelumnya. Ketika membeli mobil bekas, periksa kembali catatan service mobil, dan tempat service mobil tersebut. Pastikan bahwa mobil tersebut memiliki jejak servis yang bagus dan melakukan pengecekan di bengkel secara berkala. Apabila memungkinkan, pilihlah mobil yang selalu melakukan service di bengkel resmi.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas di Atas 10 Tahun, Perhatikan 11 Hal ini!

4. Periksa Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Dokumen kendaraan yang lengkap tentu memudahkan saat proses pindah tangan. Periksa kembali kelengkapan surat dan dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan faktur. Pastikan dokumen dari kendaraan tersebut lengkap. Selain itu, cocokan kembali nomor rangka, mesin, dan lainnya dan pastikan bahwa fisik mobil sesuai dengan surat-surat yang ada.

5. Mesin dan Sistem Kelistrikan dalam Kondisi Baik

Pastikan kondisi mesin bekerja dengan baik dengan cara menyalakan mesin. Kualitas mesin masih bagus apabila suara yang dihasilkan tidak kasar. Selain itu, pengecekan perlu dilakukan pada komponen-komponen mesin dan perhatikan apakah ada kebocoran atau masalah pada komponennya.

Selain itu, periksa juga bagian kelistrikan dari mobil tersebut. Pastikan fungsi elektrikal pada mobil berjalan dengan baik. Periksa apakah lampu peringatan pada dashboard menyala atau tidak, seperti check engine atau airbag.

6. Beli Mobil Bekas di Platform Terpercaya

Salah satu tips membeli mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau adalah membeli mobil di platform jual beli terpercaya. Calon pembeli bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas bagus dan harga miring di sejumlah tempat terpercaya. Salah satu platform jual-beli mobil bekas dengan kualitas yang baik dan harga pas adalah momobil.id! 

Momobil.id menghadirkan layanan jual beli mobil baru dan bekas yang mudah, cepat dan aman! Saat ini, momobil.id sudah dilengkapi dengan fitur baru untuk jual beli mobil bekas bergaransi dan bersertifikat, yaitu MomobilPro. Yuk cari mobil bekas impianmu dengan kualitas terbaik di sini!

mobil terkait

Rp 173.990.000

Individu

BANDUNG

Rp 173.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 149.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 171.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 180.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 176.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas