7 Aksesoris Mobil yang Bermanfaat saat Musim Hujan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 February 2024

7 Aksesoris Mobil yang Bermanfaat saat Musim Hujan

momobil.id – Memasuki musim hujan, pemilik mobil perlu memerlukan berbagai persiapan untuk perawatan mobil. Salah satunya adalah memasang sejumlah aksesoris untuk menghadapi musim hujan. Aksesoris yang dimaksud sangat efektif membantu pengemudi menghadapi berbagai masalah saat hujan tiba. Berikut adalah 7 aksesoris mobil yang bermanfaat saat musim hujan.

1. Talang Air

Salah satu aksesoris mobil yang sangat berguna saat musim hujan adalah talang air atau door visor. Talang air berfungsi untik menahan air hujan masuk ke dalam kabin saat jendela dibuka sedikit. Aksesoris ini cocok bagi pengendara yang ingin membuka jendela saat hujan untuk mencegah kaca berembun.

Talang air mudah dicari di pasaran dan harganya pun tergolong murah. Pemilik mobil bisa mendapatkan door visor dengan harga mulai Rp150 ribuan untuk empat unit talang.

2. Karpet Karet

Pada umumnya, mobil sudah disematkan karpet bawaan dari pabrik. Meskipun demikian karpet yang digunakan berbahan beludru yang mudah kotor dan baru jika terkena air. Jika terkena lumpur, proses membersihkannya pun sangat rumit.

Untuk mencegah hal tersebut, pemilik mobil bisa menggunakan karpet tambahan berbahan karet. Karet mobil tidak menyerap air, sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, karpet karet juga berfungsi melindungi karpet bawaan mobil agar tidak mudah kotor atau terkena air dan lumpur yang terbawa masuk ke dalam mobil.

3. Lampu Kabut atau Fog Lamp

Visibilitas ke lingkungan sekitar tentunya menjadi sulit ketika kondisi curah hujan tinggi. Pandangan pengemudi akan terhalang akibat kabut yang cukup tebal. Untuk mengatasi hal ini, pemilik mobil bisa memasang lampu kabut atau fog lamp.

Saat ini, sebagian besar mobil baru sudah dibekali dengan fitur fog lamp. Meskipun demikian, mobil lawas dan varian yang lebih murah tidak dilengkapi dengan lampu kabut. Pemilik mobil model lawas tidak perlu khawatir, karena lampu fog lamp bisa dibeli di toko aksesoris mobil.

Untuk penggunaannya, pemilik mobil disarankan menggunakan fog lamp dengan warna kuning agar visibilitas lebih baik dan tidak menyilaukan pengendara lain.

4. Mud Guard

Saat musim hujan tiba, jalanan dipenuhi dengan kotoran, debu, dan lumpur. Bagian bawah mobil akan lebih mudah kotor akibat lumpur dan banjir yang berasal dari jalanan. Salah satu aksesoris mobil yang bermanfaat untuk mengatasi hal ini adalah mud guard atau pelindung lumpur.

Mud guard umumnya dipasang pada bagian kaki-kaki, dekat dengan ban mobil. Pada umumnya, aksesoris ini terbuat dari karet berwarna hitam. Mud guard mampu melindungi bagian bawah bodi mobil dari cipratan air, kotoran, dan lumpur.

Baca Juga: Simak 8 Tips Aman Berkendara saat Cuaca Hujan

5. Stiker Kaca Spion Anti Air

Saat ini, stiker anti air untuk kaca spion dapat ditemui di toko aksesoris mobil, atau marketplace. Stiker ini memiliki bentuk bulat dan ditempelkan pada kaca mobil yang searah dengan kaca spion. Aksesoris ini mampu mencegah air mengendap pada kaca spion, sehingga pandangan akan tetap jernih.

6. Ban Mobil yang Cocok untuk Musim Hujan

Ketika berkendara di musim hujan, jalanan cenderung licin akibat air yang tergenang. Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan menggunakan ban yang dirancang khusus untuk kondisi basah. Ban yang cocok dapat meningkatkan traksi, serta mencegah aquaplaning.

7. Cover Mobil atau Sarung Pelindung

Ketika kendaraan di parkir di luar saat musim hujan, pertimbangkan untuk menggunakan sarung mobil atau cover. Aksesoris ini dapat melindungi bodi mobil dari air hujan dan kerusakan lainnya.

Itulah beberapa aksesoris yang bermanfaat digunakan ketika musim hujan. Bagi yang sedang mencari mobil impian, temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 173.990.000

Individu

BANDUNG

Rp 173.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 149.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 171.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 180.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 176.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas