7 Benda yang Wajib Ada Dalam Mobil Saat Masa New Normal

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 4 June 2020

7 Benda yang Wajib Ada Dalam Mobil Saat Masa New Normal

momobil.id – Penyebaran virus corona / COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah melakukan berbagai hal untuk mengatasi penyebaran semakin luas. Akhir-akhir ini, langkah pemerintah menanggapi penyebaran virus ini adalah dengan new normal. Tentunya seluruh masyarakat harus mempersiapkan hal – hal yang berkaitan dengan new normal. Salah satunya adalah dengan menaruh benda yang wajib dibawa pada saat berkendara dengan mobil. Berikut adalah daftar benda yang wajib dibawa saat berkendara menggunakan mobil.

Hand Sanitizer

Salah satu benda yang wajib dibawa ketika masa new normal ini adalah hand sanitizer. Ketika mengemudi, tentunya sulit menemukan wastafel untuk cuci tangan. Oleh karena itu, hand sanitizer sangat berguna untuk menjaga kebersihan tangan. Diusahakan untuk memilih hand sanitizer yang mengandung alkohol sesuai dengan standar kesehatan tertentu agar terhindar dari virus dan bakteri.

Tissue Basah Antiseptik

Untuk membersihkan tangan, dan kotoran disekitar tempat beraktivitas, pengemudi disarankan membawa tissue basah. Tissue basah yang dibawa tidak hanya tissue basah biasa, namun tissue basah yang mengandung antiseptik. Hal ini tentunya dapat membantu mencegah virus atau kotoran menempel di barang yang kita gunakan sehari-hari.

Cairan Disinfektan

Untuk membersihkan bagian interior mobil, dibutuhkan cairan pembersih khusus untuk membersihkan kotoran pada interior mobil. Adanya pandemi virus corona mengubah cara pemilik mobil membersihkan mobilnya. Guna mencegah adanya kotoran dan virus lain menempel pada mobil, maka pemilik mobil bisa menggunakan cairan disinfektan untuk membersihkan mobilnya. Meskipun demikian, pemilik mobil harus memiliki bantuan alat khusus untuk membersihkan interior.

Cadangan Outer / Baju

Bepergian terlalu lama bisa membuat baju semakin kotor karena terkena udara luar. Bisa saja virus menempel pada baju yang dipakai. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk membawa baju ganti / outer. Ketika baju / outer itu kotor, maka disimpan didalam storage box.

Baca Juga : Bukan Kotak atau Segitiga, Mengapa Setir Mobil Berbentuk Bulat?

Storage Box

Salah satu hal yang penting dibawa saat bepergian adalah storage box. Storage box ini dapat berfungsi untuk menaruh barang-barang yang kotor setelah dipakai, contohnya seperti baju yang kotor. Storage box juga dapat mencegah penyebaran kotoran di dalam kabin mobil, sehingga mobil menjadi lebih bersih dan rapih.

Tongkat Kartu Toll

Penggunaan kartu tol dapat meminimalisir penyebaran virus pada interior mobil. Tempat tap kartu toll biasanya kotor, karena bisa terkena kontak secara langsung dengan manusia. Untuk mencegah hal tersebut, pengemudi dapat memakai tongkat kartu toll saat hendak membayar uang toll.

Menyediakan Masker Cadangan

Ketika sedang bepergian, pengemudi wajib membawa masker cadangan, apalagi ketika bepergian lebih dari 4 jam. Ketika 1 masker digunakan terlalu lama, maka fungsinya akan menjadi berkurang. Membawa masker cadangan juga penting apabila masker yang pertama jatuh atau kotor, maka bisa diganti dengan masker cadangan. Selain itu, pengemudi disarankan untuk membawa ziplock untuk menaruh masker cadangan agar terhindar dari bakteri atau virus.


Kembali ke atas