7 Cara Mengetahui Harga Pasaran Mobil Bekas

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 30 October 2023

7 Cara Mengetahui Harga Pasaran Mobil Bekas

momobil.id – Sebagian besar orang tentu bingung menentukan harga jual yang sesuai ketika hendak menjual mobil pribadinya. Harga jual mobil sebaiknya tidak terlalu rendah karena akan merugikan pemilik. Sebaliknya, harga jual mobil yang tinggi tentu tidak menarik di mata pembeli. Agar proses menjual mobil lebih mudah, berikut merupakan cara mengetahui harga pasaran mobil bekas.

1. Mengetahui Tipe, Trim, dan Tahun Produksi Mobil

Sebelum menjual mobil. Ketahui terlebih dahulu tahun produksi dari mobil yang hendak dijual. Langkah ini merupakan langkah awal mengetahui rentang harga mobil. Semakin muda tahun produksinya, maka depresiasi harga tidak setinggi mobil yang lebih tua. Selain itu, pabrikan otomotif tentunya meluncurkan fitur baru yang lebih canggih dari tahun sebelumnya, sehingga dapat menambah nilai jual mobil bekas.

2. Analisa Penurunan Harga

Pemilik mobil juga perlu mengetahui merek, tipe, dan trim mobil yang hendak dijual. Merek mobil yang memiliki reputasi tinggi dalam hal kualitas tentunya memiliki potensi penyusutan harga yang lebih lambat. Trim merupakan tingkat kelengkapan fitur dari suatu mobil. Mobil trim tertinggi tentunya memiliki harga jual yang lebih mahal karena memiliki fitur yang paling lengkap.

3. Riset Harga Mobil di Pasaran

Sebelum menentukan harga jual mobil, lakukan riset harga terlebih dahulu. Ada banyak situs, web, dan aplikasi yang khusus menjual mobil bekas. Pemilik dapat mencari mobil dengan merek, model, trim, dan tahun yang sama untuk mendapatkan perkiraan harganya.

4. Perkirakan Penyusutan Harga Mobil

Seluruh mobil baru pasti akan mengalami penurunan harga atau depresiasi ketika hendak dijual. Penurunan harga mobil tergantung dari jarak tahun produksinya. Untuk penyusutan harga mobil tidak tertulis dalam aturan. Meskipun demikian, penurunan harga berkisar antara 10-15% dari harga awal. Kemudian kurangi lagi harga mobil sekitar 5-10% pada tahun berikutnya. Setiap tahunnya, penyusutan harga mobil bekas semakin kecil.

Baca Juga: Cara Cepat Jual Mobil Bekas Lewat Momobil Pro

5. Mencari Pendapat Ahli atau Komunitas Otomotif Online

Salah satu cara mengetahui harga pasaran mobil bekas adalah dengan bergabung dalam komunitas atau forum otomotif. Anggota komunitas tentunya dapat berbagi pengalaman dan informasi mengenai jual beli dan harga mobil bekas. Dengan demikian, pemilik mobil bisa menentukan harga pasaran.

6. Sesuaikan dengan Kondisi Mobil

Penentuan harga mobil harus disesuaikan dengan kondisinya. Mobil yang kondisinya mulus dan terawat dengan baik memiliki harga jual yang lebih tinggi. Pastikan kondisi eksterior, interior, mesin, hingga bagian kaki-kaki mobil dalam kondisi baik. Hal ini menjadi pertimbangan bagi pembeli dalam mencari mobil bekas. Oleh sebab itu, lakukan perawatan mobil secara berkala agar harga jualnya tidak anjlok.

7. Periksa Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Berkas kendaraan yang lengkap tentu dapat menambah nilai jual kendaraan. Pastikan dokumen seperti STNK, nota pembelian, berkas asuransi, bukti pajak kendaraan, dan buku panduan lengkap dan tidak ada yang hilang. Selain dokumen kendaraan, pemilik mobil perlu menyertakan buku servis. Berkas ini berisi mengenai bukti perawatan yang pernah dilakukan pada mobil. Hal ini dilakukan agar calon pembeli mobil mengetahui riawayat perawatan dan servis yang dilakukan.

Selain menentukan harga pasar yang tepat, pemilik mobil juga perlu mencari platform jual mobil terpercaya agar kendaraannya cepat laku. Salah satu platform yang bisa dipakai adalah momobil.id! Momobil.id menghadirkan layanan jual mobil yang mudah, cepat dan aman! Saat ini, momobil.id sudah dilengkapi dengan fitur baru, yaitu Momobil Pro. 

Momobil Pro memperkenalkan cara baru untuk menjual dan membeli mobil dengan mudah. Selain itu, harga jual yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan harga pasar! Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai momobil pro!

mobil terkait

Rp 198.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG


Kembali ke atas