7 Merek Mobil asal Inggris yang Dijual di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 April 2023

7 Merek Mobil asal Inggris yang Dijual di Indonesia

momobil.id – Meskipun tidak sebanyak mobil Jerman, pasar mobil asal Inggris di Indonesia juga tergolong cukup ramai. Mobil asal Inggris dikenal sebagai model mewah dengan kualitas tinggi. Berikut ini merupakan merek mobil asal Inggris yang dijual di Indonesia.

1. MINI

MINI Cooper Paddy Hopkirk Edition
MINI Cooper

MINI merupakan salah satu merek otomotif asal Inggris yang menjual mobil berjenis hatchback. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1959, mobil MINI pada awalnya diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) hingga tahun 2000.

Meski ukurannya mungil, MINI dikenal sebagai mobil dengan karakter performa dan handling yang baik. Kemampuannya terbukti dalam beberapa ajang motorsport. MINI original juga terkenal sebagai pop-culture Inggris pada tahun 1960 berkat mesin mungil dan berpenggerak roda depan. Hal ini membuat 80% area pada mobil dapat digunakan sebagai kabin untuk penumpang dan bagasi.

Pada tahun 1994, BMW mengakuisisi Rover Group atau British Leyland dan membuat mobil dengan merek MINI. Hingga kini, MINI sudah menjual berbagai model di seluruh dunia, termasuk di Tanah Air. Di Indonesia, terdapat 5 pilihan model yang dijual di pasaran, yakni 3-Door, 5-Door, Electric, Clubman, dan Countryman. MINI dijual mulai dari Rp800 jutaan untuk Cooper 3-Door.

2. Jaguar

Mobil listrik Jaguar I-Pace
Mobil listrik Jaguar I-Pace

Salah satu merek mobil asal Inggris yang dijual di Indonesia adalah Jaguar. Sebelum memproduksi mobil, bisnis Jaguar awalnya adalah membuat motorcycle sidecars pada tahun 1922. Mobil pertama dari Jaguar pertama kali diperkenalkan pada September 1935, yakni SS 21/2-litre sports saloon.

Pada tahun 1940an hingga 1970an, Jaguar sukses membuat eye-catching sport cars, diantaranya adalah Jaguar XK120, Jaguar XK140, Jaguar XK150, dan salah satu mobil sport legendaris yang terkenal, Jaguar E-Type.

Hingga saat ini, Jaguar telah memproduksi banyak jenis mobil sports car. Di Indonesia sendiri, saat ini ada tiga model yang beredar di pasaran. Ketiga model tersebut antara lain Jaguar F-Pace, Jaguar I-Pace, dan Jaguar XF. Mobil Jaguar termurah di Indonesia, XF, dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,958 miliar.

3. Land Rover

Land Rover Defender 130 - mobil merek inggris
Land Rover Defender 130

Pada mulanya, Land Rover diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan perkebunan rakyat Inggris. Mobil Land Rover dirancang agar tangguh melewati segala medan. Mobil pertama Land Rover, Series 1 pertama kali dirilis pada tahun 1941.

Seri pertama dari Land Rover ditenagai mesin 1.600cc dengan transmisi manual 4-percepatan dan tenaga 60 dk. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, Land Rover semakin diterima oleh masyarakat dan memproduksi mobil mewah. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1970, Range Rover dikenal sebagai mobil SUV yang menawarkan fitur canggih dan kemewahan.

Hingga saat ini, Land Rover telah memproduksi banyak SUV mewah berdasarkan kelasnya. Di Indonesia, saat ini sudah ada 7 model Land Rover di Indonesia, meliputi Range Rover, Range Rover Sport, Range Rover Velar, Range Rover Evoque, Discovery, Discovery Sport, dan Defender. Untuk model termurah, yakni Range Rover Evoque dibanderol Rp2,3 miliar.

Baca Juga: Mengenal Sejarah dan Fakta Unik Rolls Royce

4. Rolls Royce

Rolls Royce Phantom - merek mobil inggris
Rolls Royce Phantom

Salah satu merek mobil asal Inggris yang dijual di Indonesia adalah Rolls Royce. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 di Manchester, Rolls Royce merupakan hasil kerja sama antara Charles Rolls dan Henry Royce.

Dalam masa perkembangannya, Rolls Royce telah menciptakan berbagai mobil dengan mesin dua, tiga, dan empat silinder. Bahkan, Rolls Royce pernah merancang mesin enam silinder yang disematkan pada Ghost Silver. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 40-50 hp.

Tidak hanya mobil, Rolls Royce juga menangani pembuatan mesin pesawat. Pemerintah Inggris meminta Rolls Royce untuk merancang mesin pesawat saat Perang Dunia I. Saat itu, lahirlah Rolls Royce Eagle diikuti dengan Hawk, Falcon, dan Condor.

Rolls Royce juga terkenal beberapa kali memecahkan rekor, salah satunya adalah rekor balapan jet darat pada tahun 1930 an. Pembalap Sir Malcolm Campbell berhasil mmemecahkan rekor dunia dengan memacu mobil bermesin Rolls Royce hingga 486 km/jam. Hingga saat ini, Rolls Royce banyak memproduksi mobil dengan mesin buas.

Di Indonesia, terdapat 3 model Rolls Royce yang beredar di pasaran. Diantaranya adalah Rolls Royce Ghost, Rolls Royce Phantom, dan Rolls Royce Cullinan.

5. MG

MG 5 GT - merek mobil asal inggris
MG 5 GT

Morris Garage atau MG merupakan merek mobil asal Inggris yang telah ada sejak tahun 1920an. Merek tersebut terkenal dengan mobil sport convertible dua pintu dengan desain cantik.

Sempat runtuh pada tahun 2005, kini MG diambil alih oleh Nanjing Automobile yang pada akhirnya dibeli oleh SAIC Motor. SAIC sendiri disebut sebagai Shanghai Automotive Industry Corporation. Perusahaan ini sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah negara bagian Shanghai. Hingga kini, merek MG dimiliki oleh SAIC Motor.

Meskipun sudah dimiliki oleh perusahaan asal Tiongkok, markas besar, pusat penelitian, dan pengembangan masih berada di Inggris. Sementara produksi dari kendaraan pindah ke China.

Di Indonesia, MG pertama kali hadir pada tahun 2020 dengan meluncurkan SUV MG ZS. Hingga kini sudah ada empat model yang diluncurkan di Tanah Air, yakni MG HS, MG ZS, MG 5 GT, dan MG 4 EV. Bagi yang tertarik dengan merek mobil Inggris murah, bisa melirik MG dengan harga mulai dari Rp300 jutaan untuk tipe ZS dan 5 GT.

6. Bentley

Bentley Continental GT Speed
Bentley Continental GT Speed

Merek mobil asal Inggris lainnya yang memasarkan kendaraan mewah adalah Bentley. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1919 oleh W.O Bentley di Cricklewood, London. Bentley menjadi salah satu perusahaan otomotif yang terkenal karena berhasil memenangkan 24 Hours of Le Mans pada tahun 1924, 1927, 1928, 1929, dan 1930.

Mobil terkenal yang dibuat oleh Bentley antara lain Bentley 41/2 Litre, Bentley Speed Six, Bentley R-Type Continental, Bentley Turbo R, Bentley Arnage Flying Spur, Continental GT, Bentayga, dan Mulsanne. Saat ini, Bentley menjadi anak usaha Volkswagen Group sejak tahun 1998. Sebagian besar mobil Bentley dirakit di pabrik Crewe, Inggris.

Di Indonesia, ada tiga model Bentley yang dipasarkan. Ketiga model tersebut antara lain Bentayga, Flying Spur, dan Continental GT.

7. Aston Martin

Aston Martin Vantage
Aston Martin Vantage

Merek Aston Martin pertama kali diperkenalkan pada tahun 1913 oleh Lionel Martin dan Robert Bamford. Aston Martin menawarkan mobil grand touring mewah sejak tahun 1950an.

Pada April 1950, Aston Martin meluncurkan mobil yang digunakan untuk Le Mans, yakni DB2. Setelah mobil tersebut, Aston Martin banyak meluncurkan generasi selanjutnya dari DB2, yakni DB2/4, DB2/4 Mk.II, DB Mark III, dan DB4. Salah satu mobil Aston Martin yang cukup terkenal adalah DB5.

Hingga saat ini, Aston Martin masih memproduksi mobil grand touring dengan performa tinggi. Di Indonesia, ada empat model yang beredar di pasaran, diantaranya Vantage, Vanquish, Rapide S, dan DB11. Model termurah adalah Aston Martin Vantage yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp4,3 miliar.

mobil terkait

Rp 485.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 800.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 595.000.000

Individu

GOWA

Rp 555.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 725.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 805.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas