7 Tips Memilih Baby Car Seat untuk Bayi yang Baru Lahir

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 May 2020

momobil.id – Ketika orang tua ingin melakukan perjalanan bersama bayinya, maka perlu membeli baby car seat. Fungsi dari baby car seat sendiri adalah untuk keamanan bagi bayi agar terhindar dari guncangan yang kencang. Ketika baby car seat tidak sesuai dengan kenyamanan bagi bayi, maka hal itu menjadi suatu masalah. Oleh karena itu, berikut tips memilih baby car seat untuk bayi agar bayi tetap nyaman dan aman selama berkendara.

Pilih Merk yang Berkualitas dan Terpercaya

Pilihlah merk baby car seat yang berkualitas dan terpercaya. Calon pembeli disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu kualitas bahan, besi, hingga tali pengaman. Selain kualitas bahan para calon pembeli juga harus memilih baby car seat yang telah terverifikasi dan memiliki izin standar keselamatan. Selain aman bagi bayi, baby car seat yang berkualitas juga dapat dipakai dalam jangka panjang.

Memilih Jenis Infant Capsule

Jenis baby car seat yang cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir adalah jenis Infant Capsule. Infant Capsule dapat mempermudah memposisikan baby car seat menghadap belakang. Hal ini tentunya cocok karena sebelum berusia 2 tahun, sebaiknya menggunakan baby car seat dalam posisi berlawanan dengan laju kendaraan. Disarankan demikian, karena jika baby car seat searah dengan laju kendaraan, maka resiko mengalami guncangan lebih kencang saat mengalami kecelakaan. Bayi berumur kurang dari 6 bulan tidak boleh mendapatkan guncangan yang besar pada bagian kepala.

Pilih Baby Car Seat yang Multifungsi

Agar lebih praktis, calon pembeli disarankan untuk memilih baby car seat yang bersifat multifungsi. Disarankan untuk membeli baby car seat yang bisa digunakan di dalam mobil dan bisa dimodifikasi menjadi troller atau keranjang. Hal ini tentunya memudahkan orang tua dalam membawa buah hatinya bepergian.

Sesuaikan Kemampuan Car Seat dengan Berat Bayi

Dalam memilih baby car seat, orang tua harus menyesuaikan kemampuan car seat dengan berat badan bayi. Jangan sampai car seat terlalu sempit atau longgar untuk bayi karena bisa membahayakan keselamatan. Perhatikan kapasitas tampung casr seat. Jika kapasitas dapat menanmpung berat 1-10 kg, maka cocok digunakan untuk bayi 9 bulan ke bawah. Saat bayi sudah melewati batas kapasitas, maka disarankan untuk mengganti yang baru.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil yang Tidak Digunakan Selama Karantina Diri

Hindari Pemilihan Baby Car Seat yang Panas dan Tebal

Hindari pemilihan baby car seat yang panas dan tebal. Hal ini membuat bayi bekeringat dan merasa tidak nyaman, sehingga bayi bisa rewel di dalam mobil. Sebaiknya, orang tua disarankan untuk membeli baby car seat dengan tempat duduk yang menyerap keringat dan bahan yang nyaman.

Perhatikan Fitur dan 5 Point Harness pada Baby Car Seat

Fitur keselamatan pada baby car seat harus dicek ketika hendak membelinya. Pastikan calon pembeli memilih baby car seat yang memiliki 2 tali bahu, dua tali pinggang, dan satu tali kaki. Set perlengkapan ini dikenal dengan 5 Point Harness.

Fitur penunjang lainnya yang harus diperhatikan agar bayi lebih nyaman adalah fitur reclaining seat dan carry handle. Reclaining seat dapat memudahkan mengubah posisi bayi. Carry handle berguna untuk orang tua menggendong bayi sebentar agar terhindar dari Container Baby Syndrome.

Ajak Bayi Ketika Hendak Membeli Car Seat

Ketika orang tua masih ragu akan pilihan baby car seat, disarankan untuk mengajak bayi jika hendak membeli. Dengan mengajak bayi, orang tua bisa mengetahui ukuran yang pas dan kenyamanan bayi. Jika bayi rewel, maka orang tua bisa mencari baby car seat yang lain.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas