8 Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Bodi Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 October 2023

8 Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Bodi Mobil

momobil.id – Setiap pemilik mobil tentu menginginkan kendaraannya tampil bersih. Meskipun demikian, salah satu masalah yang kerap terjadi adalah karat pada bodi mobil. Karat dapat merusak penampilan mobil dan mengurangi nilai jual kendaraan. Untuk mencegah dan menghilangkan karat pada bodi mobil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut tipsnya!

Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Mobil

Agar karat pada permukaan bodi hilang, berikut merupakan beberapa cara dan tips menghilangkan karat pada permukaan bodi mobil.

1. Menggunakan Rust Remover

Rust remover merupakan cairan khusus yang berfungsi menghilangkan karat. Cairan ini dapat ditemukan di pasaran dengan harga berkisar antara Rp100.000,- hingga Rp150.000,- untuk 1 liter.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup aplikasikan rust remover pada area yang berkarat. Kemudian, diamkan beberapa saat dan bersihkan menggunakan kain atau sikat. Setelah karat pada mobil menghilang, aplikasikan primer anti karat, cat ulang, kemudian gunakan clear coat agar permukaan bodi terlindungi.

2. Lemon atau Jeruk Nipis

Tidak hanya untuk minuman segar, lemon dan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada mobil. Lemon memiliki kandungan yang efektif untuk mengatasi karat. Untuk mengaplikasikannya pun tergolong mudah. Taburi bagian yang berkarat dengan garam, kemudian rendam dalam air lemon atau jeruk nipis. Gunakan penggosok alumunium atau sikat agar lebih efektif.

Selain itu, pemilik mobil juga bisa mengoleskan air perasan jeruk nipis atau lemon pada bagian bodi yang berkarat. Kemudian, gosok menggunakan spons atau kain. Bilas dengan air ketika karat sudah menghilang.

3. Menggunakan Baking Soda

Salah satu cara menghilangkan karat dengan mudah pada mobil adalah menggunakan baking soda. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta pada permukaan yang berkarat. Diamkan sebentar, kemudian sikat dan gosok permukaan hingga karat menghilang.

Bilas permukaan bodi dengan air untuk menghilangkan sisa pasta baking soda, kemudian keringkan. Agar permukaan lebih terproteksi, oleskan primer anti karat, cat ulang, dan gunakan clear coat.

4. Pengamplasan dan Cat Ulang Kendaraan

Apabila karat pada mobil sudah mengkhawatirkan, salah satu cara menghilangkannya adalah dengan melakukan pengamplasan dan pengecatan ulang. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mengamplas bagian mobil yang berkarat. Teknik ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan sander dan grinder jika permukaan karat pada bodi cukup luas.

Ketika bagian yang berkarat sudah bersih, lapisi permukaan bodi dengan cat primer sebagai lapisan pertama. Kemudian cat kembali di lapisan kedua dan aplikasikan clear coat untuk tahap akhir. Cuci dan poles permukaan bodi agar hasilnya lebih maksimal.

5. Dempul Bagian yang Berkarat

Ketika karat sudah melubangi permukaan mobil, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan dempul. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan permukaan bodi yang berkarat terlebih dahulu menggunakan grinder atau amplas. Kemudian, dempul permukaan bodi agar lubang yang ditimbulkan dapat tertutup. Pastikan dempul sudah rata sebelum dilakukan pengecatan ulang.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengecat lapisan pertama menggunakan cat primer. Cat lapisan kedua, lalu gunakan clear coat untuk tahap akhir.

6. Gunakan Cuka

Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada mobil. Kandungan asam sitrat dan asam asetat pada cuka mampu menghilangkan karat pada permukaan bodi.

Cara untuk menggunakannya mudah. Basahi kain atau spons dengan cuka, kemudian gosok pada bagian yang berkarat. Ulangi proses ini hingga karat pada bodi menghilang. Selain itu, bagian yang berkarat juga bisa dilepas dan direndam dengan air cuka selama 1-2 hari.

Baca Juga: Waspada! Ini Bagian Mobil yang Paling Mudah Berkarat

7. Menggunakan Pelumas

Tips menghilangkan karat pada komponen mobil bisa dilakukan dengan memberikan pelumas. Bagian engsel mobil seringkali berkarat karena terletak di area yang sulit dijangkau. Untuk mengatasi hal ini, salah satu caranya adalah dengan memberikan pelumas.

8. Bawa ke Bengkel untuk Dilakukan Penanganan

Jika karat pada mobil cukup parah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan penanganan. Tenaga ahli bengkel akan melakukan perawatan secara menyeluruh pada bodi mobil agar terlihat kinclong kembali.

Tips Mencegah Karat pada Mobil

Perawatan perlu dilakukan agar bodi mobil bebas karat dan terlihat seperti baru. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah karat pada mobil.

  • Membersihkan mobil secara berkala.
  • Melapisi bodi mobil dengan lapisan anti karat dan paint protection.
  • Melumasi komponen engsel mobil agar terhindar dari karat.
  • Memperbaiki goresan atau kerusakan pada bodi mobil agar terhindar dari karat.
  • Hindari memarkir mobil di tempat yang lembab.
  • Parkir mobil di dalam garasi untuk melindungi dari elemen cuaca dan kerusakan.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas