9 Rekomendasi Mobil Hybrid Terbaik di 2022

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 22 November 2022

9 Rekomendasi Mobil Hybrid Terbaik di 2022

momobil.id – Berbeda dengan mobil listrik, mobil hybrid menggunakan dua mesin sebagai penggerak, yaitu mesin bensin konvensional dan motor listrik. Jenis mobil ini juga cukup diminati oleh masyarakat Indonesia saat ini. Mengingat banyak produsen otomotif menjual mobil hybrid di Tanah Air, berikut ini rekomendasi mobil hybrid terbaik di 2022.

1. Nissan Kicks e-POWER

Nissan Kicks e-Power - rekomendasi mobil hybrid
Nissan Kicks e-Power

Salah satu rekomendasi mobil hybrid di 2022 adalah Nissan Kicks. Selain desain yang sporty dan futuristis, Nissan Kicks dibekali dengan sistem hybrid canggih e-Power.

Sistem Nissan e-Power terdiri dari kombinasi baterai dan sistem gerak yang terintegrasi dengan mesin bensin, generator listrik, inverter, dan motor listrik. Mesin bensin 1.200 cc DOHC 3 silinder yang bekerja sebagai generator dipadu dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga sebesar 127,2 hp dan torsi 260 Nm.

Dimensi dari SUV hybrid ini juga cukup kompak dengan dimensi panjang 4.305 mm, lebar 1.760 mm, tinggi 1.615 mm, dan ground clearance 175 mm. Pada mobil ini juga didukung sejumlah fitur, antaranya pengoperasian mobil lewat satu pedal. Teknologi ini memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi dan deselerasi hanya menggunakan pedal gas.

Di Indonesia, Nissan Kicks tersedia dalam 1 pilihan varian dengan harga Rp 482,8 juta (on the road).

2. Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Smart Hybrid - rekomendasi mobil rp200 jutaan
Suzuki Ertiga Smart Hybrid

Bagi yang mencari mobil hybrid dengan harga yang cukup murah, Suzuki Ertiga Hybrid bisa menjadi pilihan. Pasalnya, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp200 jutaan.

Suzuki Ertiga Hybrid dibekali dengan mesin berteknologi Suzuki Smart Hybrid. Teknologi ini mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin bensin konvensionalnya, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery

Ertiga Hybrid dibekali mesin K15C berkapasitas 1,5 liter DualJet dengan Dual VVT. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini sebesat 101,6 Tk pda 6.000 RPM dan torsi 136,8 Nm pada 4.400 RPM. Mesin hybrid ini dipadukan dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan torque converter automatic 6 percepatan.

Suzuki Ertiga Hybrid hadir dalam beberapa varian. Berikut daftar varian beserta harganya.

  • GX MT = Rp270,3 juta
  • GX AT = Rp281,3 juta
  • Suzuki Sport MT = Rp281,3 juta
  • Suzuki Sport AT = Rp292,3 juta

3. Toyota Corolla Altis Hybrid

toyota corolla altis - rekomendasi mobil hybrid 2022
Toyota Corolla Altis Hybrid

Salah satu sedan hybrid termurah milik Toyota adalah Corolla Altis Hybrid. Selain memiliki tampilan yang elegan, mobil ini juga hadir dengan fitur melimpah dan mesin ramah lingkungan.

Salah satu fitur keselamatan pada Corolla Altis Hybrid adalah Toyota Safety Sense (TSS) 2.0. Fitur keselamatan pada TSS 2.0 antara lain, Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Lane Tracing Assist (LTA).

Dari segi dapur pacu, Toyota Corolla Altis Hybrid dibekali dengan motor listrik dan mesin bensin berkapasitas 1.798 cc yang mampu menghasilkan tenaga 98 PS pada 5.200 RPM dan torsi maksimum 14,47 kgm pada 4.000 RPM.

Sedan medium Toyota ini dijual dengan harga Rp565,6 juta (on the road).

4. Toyota C-HR Hybrid

Toyota C-HR - rekomendasi mobil hybrid 2022
Toyota C-HR

Crossover lansiran Toyota ini masuk ke dalam rekomendasi mobil hybrid di tahun 2022. Toyota CH-R memiliki desain yang cukup unik. Profil bodi C-HR secara keseluruhan terlihat seperti gabungan antara crossover dengan sebuah coupe.

Dari segi dapur pacu, C-HR mengandalkan mesin bensin 2ZR-FXE 1.798 cc yang dipadukan dengan motor listrik dan juga baterai tentunya. Tenaganya 98 dk di 6.400 RPM dan torsi maksimum 142 Nm pada putaran 4.000 RPM.

Selain memiliki mesin yang irit, Toyota C-HR juga dilengkapi berbagai fitur yang menarik. Fitur tersebut antara lain T-Intouch, Advanced Entertainment System with Smartphone Connection Feature, dan lainnya.

Mobil ini juga sudah dilengkapi oleh Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Monitor.

Toyota C-HR hanya dijual dalam satu pilihan, yaitu varian hybrid. Berikut daftar harga dari Toyota C-HR.

  • Non Premium Color = Rp586,2 juta
  • Premium Color = Rp587,7 juta

Baca Juga: 12 Pilihan Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia

5. Lexus ES 300h

Lexus ES 300h - rekomendasi mobil hybrid 2022
Lexus ES 300h

Sedan mewah asal Jepang ini cocok bagi yang menginginkan sebuah sedan futuristis ramah lingkungan. Selain tampilan yang modern dengan grille besar khas Lexus, mobil ini juga memiliki mesin yang cukup irit.

Lexus ES 300h dibekali dengan mesin berkode A25A-FXS. Mesin berkapasitas 2,5 liter 4 silinder hybrid ini mampu menghasilkan daya sebesar 215 hp dengan torsi 202 Nm. Mesin tersebut sudah dibekali dengan teknologi hybrid milik Lexus, yaitu Hybrid Drive.

Sedan mewah Lexus ini sudah dilengkapi berbagai fitur yang menunjang kenyamanan seperti kabin lega, Rear Seat Control Panel, Side and Rear Sunshade, dan sistem audio premium Mark Levinson dengan 17 speaker.

Soal fitur keselamatan, ES 300h hadir dengan Lexus Safety System+ yang meliputi Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Di Indonesia, Lexus ES 300h dijual dengan harga Rp1,205 miliar (on the road).

6. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross Hybrid

Salah satu rekomendasi mobil hybrid di tahun 2022 adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Versi crossover dari Toyota Corolla ini menawarkan kenyamanan kabin, serta mesin yang ramah lingkungan.

Corolla Cross Hybrid dibekali dengan mesin HEV berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. 

Untuk fitur keamanan, mobil ini dibekali rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Toyota Corolla Cross Hybrid dijual dengan harga Rp540,9 juta (on the road).

7. Lexus NX 350h

Lexus NX Series
Lexus NX Series

SUV hybrid ini hadir dengan tampang sporty berkat three-dimensional sprindle grill generasi terbaru yang ditemani dengan 3 LED Headlights. NX 350h juga dilengkapi dengan velg besa berukuran 20 inci.

Soal dapur pacu, NX 350h ditenagai oleh mesin generasi ke empat dari Hybrid Electric Drive. Mesin ini mengkombinasikan Hybrid Transaxle dan Electric Motor. Tenaga yang dihasilkan dari mesin hybrid ini sebesar 240 hp dengan torsi maksimal 239 Nm.

Lexus NX 350h sudah dilengkapi oleh fitur keselamatan Lexus Safety System Plus generasi ketiga. Fitur tersebut antara lain adalah Active Safety Suite seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), dan Adaptive High Beam System (AHS).

Berikut merupakan harga Lexus NX 350h di Indonesia.

  • NX 350h Luxury = Rp1,407 miliar
  • NX 350h F Sport = Rp1,454 miliar

8. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix
Toyota Kijang Innova Zenix

Generasi ketujuh dari Toyota Kijang ini memiliki perubahan desain yang signifikan. Kini, Kijang Innova Zenix memiliki desain layaknya sebuah crossover dengan platform baru TNGA-C.

Varian hybrid dari Kijang Innova Zenix mengadopsi mesin TNGA 2.0 liter hybrid yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 152 PS pada 6.000 RPM dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400 RPM – 5.200 RPM. Mesin ini dikawinkan dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Jika digabungkan, maka mesin dan motor listrik mampu menghasilkan tenaga sebesar 186 PS. Untuk menggerakan motor listriknya, Kijang Innova Zenix Hybrid hadir dengan baterai Ni-MH yang tersimpan dibawah kedua jok depan.

Kijang Innova Zenix Hybrid kini silengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Fitur tersebut antara lain Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

Berikut ini merupakan daftar harga dari Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

  • G HV G CVT = Rp458 juta
  • V HV CVT = Rp522,15 juta
  • V HV CVT Modelista = Rp532 juta
  • Q HV CVT TSS = Rp601,15 juta
  • Q HV CVT TSS Modelista = Rp611 juta

9. Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid
Wuling Almaz Hybrid

Tidak hanya mobil listrik dan mobil bermesin konvensional, Wuling memiliki mobil hybrid pertamanya di Indonesia, yaitu Almaz Hybrid. Mobil ini hadir lewat basis Almaz RS dan menawarkan mesin yang ramah lingkungan.

Dari segi performa, Almaz Hybrid hadir dengan mesin bensin berkapasitas 2,0 liter yang dikawinkan dengan motor listrik. Mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 123 dk dengan torsi maksimal 168 Nm. Sementara motor listriknya sanggup menelurkan tenaga maksimal 174 dk dengan torsi puncak 320 Nm. Tenaga disalurkan ke roda lewat transmisi DHT (Dedicated Hybrid Transmission).

Mesin yang cukup bertenaga didukung oleh beberapa mode berkendara. Mode yang bisa dipilih oleh pengguna antara lain EV Mode (motor listrik ditenagai baterai), Series Hybrid (motor listrik ditenagai mesin), dan Parallel Hybrid (motor listrik, baterai, dan mesin bekerja sama).

Soal fitur, Almaz Hybrid sudah disematkan teknologi ADAS (Advanced Driver Assistance Systems). Teknologi ADAS pada Almaz Hybrid terdiri dari 12 fitur, contohnya Safe Distance & Braking Assistance, Adaptive Cruise, Automatic Light, Lane Recognition, dan lainnya. Mobil ini juga hadir dengan IoV / Wuling Remote Control App, dan Indonesian Voice Command.

Di Indonesia, Wuling Almaz Hybrid dijual dengan harga Rp470 juta (on the road).

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas