9 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik, Perhatikan Hal Ini!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 26 March 2024

9 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik, Perhatikan Hal Ini!

momobil.id – Agar perjalanan mudik lebih lancar, sebagian masyarakat memilih untuk menggunakan mobil pribadi. Selain lebih praktis, menggunakan mobil pribadi tentunya lebih nyaman. Mobil bekas menjadi pilihan alternatif bagi yang membutuhkan kendaraan mudik dengan budget terbatas. Namun, ada beberapa tips yang perlu disimak sebelum membeli mobil bekas untuk mudik.

1. Memilih Jenis Kendaraan Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli mobil bekas untuk mudik, tentukan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan. Di pasaran tersedia berbagai jenis mobil, diantaranya sedan, SUV, MPV, hatchback, hingga mobil sport. Sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari dan untuk mudik.

Apabila membutuhkan mobil dengan kabin yang lapang dan ruang bagasi yang besar, pertimbangkan untuk membeli mobil MPV. Jika membutuhkan mobil yang mampu melibas segala medan, pilih mobil berjenis SUV. Dengan mengetahui kebutuhan, membeli mobil bekas tentu menjadi lebih mudah.

2. Menyesuaikan dengan Budget

Selain memilih jenisnya, pembeli juga perlu menentukan budget untuk membeli mobil. Periksa kondisi keuangan terlebih dahilu, kemudian tentukan berapa dana yang ingin dikeluarkan untuk membeli mobil bekas. Pastikan pembelian mobil bekas tidak membebani keuangan.

Saat membeli mobil bekas, pembeli dapat menentukan pilihan untuk membayar secara tunai atau kredit. Jika membeli mobil dengan cara kredit, perhatikan tingkat bunga yang akan dikenakan pada kredit mobil. Tingkat bunga bervariasi tergantung lembaga keuangan atau dealer yang dipilih. Pastikan angsuran per bulannya tidak melebihi 35% dari pemasukkan per bulan.

3. Periksa Bagian Eksterior dan Interior Mobil

Eksterior dan interior merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Pilihlah mobil bekas dengan kondisi eksterior masih mulus dan interior terawat.

Bagian eksterior dari mobil perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Pastikan kondisi pintu, kap mesin, dan cat mobil masih original. Hal yang terpenting dalam memeriksa bagian mobil adalah kondisi dari rangka mobil. Pastikan rangka mobil tidak ada bekas perbaikan atau tabrakan.

Pada bagian interior, periksa komponen seperti AC, sistem audio, switch lampu, serta fitur-fitur keamanan. Pastikan komponen tersebut bekerja dengan optimal. Periksa juga kondisi jok mobil dan dashboard, jangan sampai ada robek atau retak.

4. Cek Kondisi Mesin dan Kelistrikan

Salah satu tips penting dalam membeli mobil bekas untuk mudik adalah memeriksa bagian mesin mobil. Kinerja mesin mobil bekas tentu tidak sebaik mobil baru. Oleh karena itu, pastikan kondisi mesin masih bagus. Periksa komponen mesin dan perhatikan apakah ada kebocoran atau tidak. Selain itu, perhatikan pula suara yang dihasilkan oleh mesin. Pastikan tidak ada suara kasar atau bunyi aneh pada mesin.

Pemilik mobil juga perlu memastikan fungsi elektrikal dari mobil bekas bekerja dengan baik. Periksa apakah ada lampu peringatan yang menyala seperti check engine atau airbag pada bagian dashboard.

5. Periksa Riwayat Servis Kendaraan

Kondisi setiap mobil bekas berbeda tergantung perawatan dari pemilik sebelumnya. Saat hendak membeli mobil bekas, periksa kembali catatan servis mobil, dan tempat servis mobil tersebut. Pastikan bahwa mobil tersebut memiliki jejak servis yang bagus dan melakukan pengecekan di bengkel secara berkala. Apabila memungkinkan, pilihlah mobil yang selalu melakukan servis di bengkel resmi.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas dengan Harga Terjangkau

6. Cek Kelengkapan Dokumen atau Surat-Surat Kendaraan

Periksa kembali kelengkapan surat dan dokumen kendaraan seperti BPKB, STNK, dan faktur. Pastikan surat-surat kendaraan dalam keadaan lengkap. Selain itu, cocokan kembali nomor rangka, mesin, dan lainnya dan pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat yang ada.

7. Mengecek Harga Pasar

Sebelum membeli, ada baiknya untuk mengecek harga pasaran mobil yang diincar. Calon pembeli perlu berhati-hati jika mobil dibanderol dengan harga terlalu murah tanpa pengecekan cermat, karena bisa jadi mobil tersebut memiliki masalah tersembunyi.

8. Lakukan Test Drive Kendaraan

Layaknya membeli mobil baru, pembeli mobil bekas juga perlu melakukan test drive terlebih dahulu. Test drive dilakukan untuk mengecek adanya kerusakan pada mesin atau bagian kaki-kaki mobil. Ajak teman atau keluarga yang ahli dalam bidang otomotif agar tidak tertipu oleh penjual mobil.

9. Membeli Mobil Bekas untuk Mudik di Platform Terpercaya

Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas, calon pembeli tentu harus membeli di platform jual beli mobil yang terpercaya. Calon pembeli bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas bagus dan harga miring di sejumlah tempat terpercaya. Salah satu platform jual-beli mobil bekas dengan kualitas yang baik dan harga pas adalah momobil.id! 

Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas