Ada Apa Saja Merek Mobil Asal China di Indonesia?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 February 2022

Ada Apa Saja Merek Mobil Asal China di Indonesia?

momobil.id – Persaingan otomotif di Indonesia semakin ketat akhir-akhir ini. Banyak produsen otomotif dari luar negeri datang ke Indonesia untuk menawarkan produknya. Persaingan otomotif tidak hanya didominasi oleh pabrikan asal Jepang, Eropa, dan Korea saja. Merek asal China akhir-akhir ini bakal bersaing menjual produk andalannya. Apa saja merek mobil asal China di Indonesia? Sejauh ini sudah ada tiga merek otomotif asal China yang menjual produknya di Tanah Air, yaitu Chery, DFSK, dan Wuling.

Chery

Salah satu merek mobil asal China yang baru saja kembali mewarnai pasar otomotif di Tanah Air adalah Chery. Awal pertama kali datang ke Indonesia tahun 2006, merek mobil asal China ini sudah tidak terdaftar di Gaikindo pada 2016 silam. Tahun ini, Chery kembali hadir di Indonesia dengan SUV andalannya. Keseriusan dari Chery untuk menggarap pasar otomotif di Indonesia terlihat saat memperkenalkan tiga mobil SUV. Chery memperkenalkan tiga SUV dengan kelas yang berbeda. Untuk kelas Low SUV akan diisi oleh Tiggo 4 Pro, sedangkan ada Tiggo 7 Pro yang akan bersaing di kelas medium SUV. Selain itu, Chery memperkenalkan Tiggo 8 Pro yang akan bersaing di kelas SUV flagship melawan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Wuling

Memulai debut di Indonesia sejak tahun 2017, Wuling merupakan salah satu merk mobil asal China yang hype-nya cukup tingg di Indonesia. Pada awal mula diperkenalkan, Wuling secara resmi mengoperasikan pabrika seluas 60 hektar yang dapat memproduksi sekitar 120.000 unit per tahun di Cikarang, Indonesia. Tak lama setelah itu, Wuling meluncurkan MPV pesaing Toyota Avanza, yaitu Confero dan Confero S di Tanah Air. Dalam kurun 3 tahun ini, Wuling sudah meluncurkan beberapa produk andalannya, yaitu Wuling Cortez, Wuling Formo, dan Wuling Almaz.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro, Penantang Fortuner

DFSK

Bersamaan dengan Wuling, DFSK mulai datang ke pasa Tanah Air pada tahun 2017. Perjalanan DFSK di Indonesia dimulai dari peresmian pabrik yang diklaim dapat memproduksi 50.000 unit setiap tahunnya di Serang, Banten. DFSK menghadirkan sejumlah lini produknya di Indonesia. Diantaranya adalah DFSK Glory 580, DFSK Glory 560, dan DFSk Glory i-AUTO berjenis SUV. Disamping itu, DFSK juga memasasarkan kendaraan komersial seperti Super Cab dan DFSK Gelora model blind van.

Geely

Meskipun sudah tidak memasarkan mobil di Indonesia, Geely sempat meramaikan pasar otomotif di Tanah Air sejak tahun 2011. Syangnya, penjualan Geely menurun sehigga pabrikan mobil asal China ini mengakhiri perjalanan di Indonesia pada 2017 silam. Belum ada kabar tentang comeback nya Geely ke pasar otomotif Indonesia.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas