Ada Kandungan Emas dalam Kaca Film Mobil, Apa Fungsinya?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 January 2024

Ada Kandungan Emas dalam Kaca Film Mobil, Apa Fungsinya?

momobil.id – Demi kenyamanan berkendara, pemilik mobil umumnya memasang kaca film mobil. Selain lebih nyaman dan aman, kaca film juga berfungsi menangkal panas yang masuk ke dalam kabin. Kaca film mobil tidak hanya sekedar lapisan plastik pada bagian kaca. Aksesoris ini terdiri dari beberapa lapis bahan. Saat ini, ada terdapat kandungan emas pada lapisan kaca film mobil. Lantas, apa fungsinya?

Kaca fim sendiri terdiri dari berbagai jenis. Di pasaran sendiri terdapat kaca film berbahan metal dan kaca film berbahan non metal. Kaca film berbahan metal sebagian besar menggunakan bahan logam biasa seperti alumunium, nikel, perunggu, dan perak. Sementara kaca film berbahan non metal terbuat dari bahan non logam seperti nitrat dan oksida.

Logam pada kaca film berfungsi sebagai penolak panas. Meskipun demikian, tampilan reflektif yang dihasilkan logam cukup mengganggu dan tidak banyak meneruskan cahaya, sehingga berkendara di malam hari cukup terganggu. Sementara kaca dengan bahan non-metal memiliki penolakan panas yang cukup rendah.

Menurut Linda Widjaja selaku Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari, Penggunaan emas pada kaca film juga mampu memantulkan panas dengan baik. Hal ini tentunya membuat kabin menjadi lebih sejuk.

“Kaca film multi-layer sputtered metal yang diperkuat dengan emas yang sangat baik dalam memantulkan panas,” ujar Linda dilansir dari detikOto.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Kaca Film Asli dan Palsu

Kaca film yang baik merupakan kaca film yang bisa menolak panas tanpa terlihat reflektif atau gelap. Kandungan emas digunakan dalam pembuatan kaca film karena dianggap sebagai bahan logam yang paling bagus dalam memantulkan cahaya. Material ini diklaim mampu membuat kaca film menolak sinar infra merah yang masuk ke dalam kabin hingga 99% dan sinar ultra violet sebesar 92%.

Meskipun demikian, kemampuan emas dalam meneruskan cahaya tampak atau visibile light transmission tinggi, sehingga tidak akan mengurangi kemampuan pandangan pengemudi saat menyetir.

Dilihat dari kemampuannya dalam menangkan panas, sinar infra merah, dan sinar ultra violet lebih baik, kaca film dengan kandungan emas tentunya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan logam biasa. Namun, hal tersebut sesuai dengan manfaat yang ditawarkan.

mobil terkait

Rp 121.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 128.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 197.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 184.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 198.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 169.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas