Afeela, Merek Mobil Listrik Baru Sony dan Honda

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 January 2023

Afeela, Merek Mobil Listrik Baru Sony dan Honda

momobil.id – Dua perusahaan besar asal Jepang, Sony dan Honda, memutuskan untuk mengembangkan mobil listrik baru beberapa waktu lalu. Lewat Sony Honda Mobility, kini kedua perusahaan tersebut memperkenalkan merek mobil listrik baru, Afeela. Perkenalan Afeela diumumkan oleh CEO Sony Honda Mobility, Yasuhide Mizuno pada ajang pameran Consumer Electronic Show (CES) 2023 di Las Vegas.

Asal nama Afeela sendiri tidak dijelaskan lebih banyak. Namun, Mizuno mengatakan bahwa pada nama Afeela terdapat kara “feel“. Kata tersebut mengacu pada pengalaman mobilitas yang ingin dibangun oleh Sony Honda Mobility.

Tidak hanya memperkenalkan merek baru, Sony dan Honda juga memperlihatkan wujud mobil konsepnya. Versi produksi dari Afeela akan dikirim ke wilayah Amerika Utara pada 2026. Sementara keran pemesanan akan dibuka pada paruh pertama tahun 2025.

Mobil Konsep Afeela

Bentuk dan tarikan garis yang minimalis konsep mobil Afeela terinspirasi dari pesawat luar angkasa. Tampilan tersebut mencerminkan pengalaman baru dari mobilitas. Desain dari mobil konsep Afeela tampak memiliki garis atap yang sleek, spion digital, dan roda berukuran 21 inci.

Bagian depan dan belakang dari mobil konsep ini terdapat lampu DRL yang melintang dari sisi kiri hingga kanan mobil. Pada bagian samping Afeela tidak memiliki pegangan pintu.

Baca Juga: Honda Perlihatkan Konsep Mobil Listrik e:N2

Secara dimensi, mobil konsep ini terlihat memiliki ukuran yang mirip dengan Hyundai IONIQ 6. Afeela memiliki panjang 4.895 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.460 mm.

Masuk ke bagian interior, mobil konsep Afeela dapat menampung 5 orang. Bagian dashboard didominasi oleh layar besar yang berfungsi sebagai kluster instrumen, hiburan, serta spion. Layar sentuh juga terdapat pada bagian belakang jok depan. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan panoramic roof dan setir model yoke.

Teknologi yang Disematkan pada Afeela

Salah satu fitur yang cukup menarik ada pada bagian depan. Terdapat “medialight bar pada bagian atap yang dapat membagi informasi pada siapapun yang melihatnya dari luar. Informasi pada bagian depan bisa berupa cuaca, status, pengisian daya mobil, bahkan iklan.

Versi produksi dari mobil Afeela akan menggunakan teknologi dari Snapdragon Digital Chassis milik Qualcomm yang di dalamnya terdapat teknologi yang intuitif, dan sistem artificial intelligence. Mobil ini kabarnya akan disematkan 45 kamera dan sensor yang dapat menunjang kemampuan otomasi level 3.

Sayangnya, Sony dan Honda belum memberikan informasi mengenai spesifikasi kapasitas baterai, motor listrik, dan jarak tempuhnya. Namun, mobil ini kabarnya akan menggunakan sistem penggerak all-wheel-drive (AWD).

Sumber gambar: autocar.co.uk

mobil terkait

Rp 126.000.000

Individu

KARANGANYAR

Rp 213.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 132.500.000

Individu

SEMARANG

Rp 197.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 203.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 275.000.000

Individu

MAGELANG


Kembali ke atas