Akhir Tahun Mau Ganti Mobil Bekas Atau Mobil Baru?

Promo Mobil | Mobil Bekas

Mobil bekas atau mobil baru? Pertimbangan itu selalu muncul ketika Anda hendak membeli mobil di akhir tahun. Dengan perhitungan jika Anda membeli mobil baru, tentunya Anda akan mengikuti tren terkini. Jika memilih yang bekas, tentunya Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Meskipun ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk memilihnya.Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam mempertimbangkan membeli mobil dalam keadaan bekas. Bukan sekedar memperhatikan kondisinya saja. Banyak hal - hal lain yang menentukan kelayakan mobil tersebut. Jangan sampai keputusan yang Anda ambil malah membuat Anda menyesal nantinya. Perhatikan beberapa tips berikut untuk memilih mobil dengan status bekas yang berkualitas.

1. Cek Fisik

Periksa bodi dan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan semua komponen masih orisinil dan sesuai dengan keterangan dalam BPKB dan STNK. Dan yang paling penting, pastikan kondisi mobil masih dalam keadaan prima. Kelayakan ini akan menentukan tawar menawar harga.

2. Cek Mesin

Lakukanlah test drive untuk memeriksa performa mesin, rem, transmisi, kaki mobil dan juga kenyamanan dari mobil tersebut. Pastikan semua komponen tersebut masih bekerja dengan baik.3. Aksesoris dan InteriorKomponen aksesoris dan interior yang wajib Anda cermati adalah AC, sistem audio, lampu, wiper, juga kualitas jok dan langit - langitnya. Perhatikan juga bau dari interior mobil tersebut. Jika berbau apek, ada kemungkinan mobil itu pernah terendam banjir.

4. Kelengkapan Dokumen

Pastikan bahwa surat - surat kendaraan tersebut, seperti STNK, BPKB, Faktur dan catatan servis masih lengkap dan sesuai. Dan jika Anda membeli mobil built up, tanyakan juga Form A mobil tersebut.

5. Waspadai Harga Miring

Sesuai pepatah “ada rupa, ada harga”, sebaiknya Anda jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Namun bukan berarti tidak ada mobil berkualitas bagus dengan harga murah. Tetapi biasanya, harga murah diberikan karena sebelumnya mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau terendam banjir.Hal - hal di atas adalah perihal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum membeli mobil bekas. Karena pada dasarnya, mobil kondisi bekas yang berkualitas tergantung pada perawatan pemilik sebelumnya. Dan meskipun Anda membeli mobil berstatus bekas, bukan berarti Anda tidak mengikuti tren. Banyak yang dapat Anda lakukan supaya tetap up-to-date dengan tren terbaru!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • Asyik, Mudik Lebaran 2019 Bisa Lewat Tol Trans Jawa! Ini Tarifnya
    • 17 May 2019
  • Mengapa Sebaiknya Mencopot Stiker Barcode di Kaca Mobil?
    • 17 May 2019
  • Tertarik Kunjungi GIIAS 2019? Tiketnya Bisa Beli Online di Blibli.com
    • 15 May 2019
  • Ingin Beli Mobil Bekas untuk Lebaran? Pertimbangkan Tip Berikut Ini
    • 15 May 2019
  • Pamerkan Perkembangan Teknologi Otomotif, Ini Daftar Brand Kendaraan di GIIAS 2019
    • 15 May 2019