Alasan Mobil Baru Tidak Memiliki Hand Grip di Bagian Pengemudi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 July 2023

Alasan Mobil Baru Tidak Memiliki Hand Grip di Bagian Pengemudi

momobil.id – Pegangan tangan atau hand grip biasanya ditemukan pada interior kendaraan roda empat. Hand grip terletak pada bagian plafon, persisnya di atas setiap pintu pada mobil. Namun, mobil baru saat ini tidak memiliki hand grip pada bagian pintu pengemudi. Lantas, mengapa demikian?

Fungsi Hand Grip

Hand grip atau pegangan tangan tidak hanya sebagai hiasan. Komponen ini memiliki fungsi yang sangat membantu keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Ketika bermanuver, mobil menghasilkan gaya sentirfugal dan dapat mengubah posisi duduk penumpang. Hand grip dapat membantu merubah posisi duduk penumpang, sehingga lebih stabil.

Selain itu, adanya hand grip juga mampu mempermudah penumpang mengakses kabin. Sebagian orang, terutama lansia dan disabilitas merasa kesulitan ketika menaiki mobil karena jarak lantai dengan tanah cukup tinggi. Hand grip dapat menjadi tumpuan bagi penumpang, sehingga mudah untuk keluar-masuk kabin.

Adanya hand grip juga bisa dimanfaatkan untuk menggantung pengharum atau baju dalam mobil. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa penggunaan hand grip untuk menggantung barang hanya dilakukan saat mobil tidak membawa penumpang.

Baca Juga: Mengapa Lampu Rem Warnanya Merah? Ternyata Ini Alasannya

Mengapa Hand Grip Bagian Pengemudi Dihilangkan?

Saat ini, sebagian mobil baru tidak memiliki hand grip. Khususnya pada baris pertama dengan posisi di samping kanan atas pengemudi. Menurut Ryan Ferdiean Tirto selaku Product Planning PT Astra Daihatsu Motor (ADM), hilangnya hand grip pada bagian pengemudi bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan keselamatan pengendara dan penumpang.

“Memang secara regulasi sih sebenarnya tidak ada (keberadaan hand grip), tapi ini (hand grip) tidak dipasang karena untuk safety,” kata Ryan dilansir dari news.olx.co.id.

Sebagian pengemudi mengendarai mobil sambil berpegangan pada hand grip. Hal ini tentunya cukup berbahaya, sebab di jalan raya risiko kecelakaan bisa saja terjadi. Jika satu tangan memegang hand grip, maka pengemudi akan kesulitan untuk memutar lingkar kemudi.

Ketika bermanuver, kedua tangan pengemudi harus berpegangan pada setir. Tangan pengemudi harus siaga dan cepat mengendalikan kemudi. Oleh karena itu, hand grip dihilangkan agar pengemudi tidak membiasakan diri memegang komponen tersebut.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 100.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas