Alasan Suzuki Lebih Memilih Transmisi AGS Dibanding CVT

Ditulis oleh : admin | 17 May 2022

Alasan Suzuki Lebih Memilih Transmisi AGS Dibanding CVT

momobil.id – Teknologi yang disematkan pada mobil murah kian menarik. Suzuki sebagai salah satu pabrikan otomotif yang menjual mobil dengan harga terjangkau juga menghadirkan berbagai teknologi yang dapat menunjang kebutuhan konsumen. Salah satu teknologi yang digunakan pada mobil murah Suzuki adalah transmisi AGS (Auto Gear Shift). Hal ini tentunya sangat menarik, mengingat transmisi AGS jarang ditemukan pada mobil dikelasnya. Contoh dari mobil yang bertransmisi AGS adalah Suzuki Ignis. Lantas, apa alasan Suzuki lebih memilih transmisi AGS ketimbang CVT?

AGS sendiri merupakan sebuah strategi marketing dari Suzuki. Transmisi ini mirip dengan Automated Manual Transmission (AMT). Cara kerjanya juga berbeda dengan transmisi otomatis dan CVT (Continous Variable Transmission). Pada dasarnya, AGS merupakan girboks manual tanpa pedal kopling. Kinerja kopling digantikan dengan aktuator hidraulis yang bekerja sesuai dengan perputaran mesin. Perpindahan gigi secara otomatis dilakukan oleh Transmission Control Module (TCM).

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Mobil Imut Suzuki Wagon R Smile

Menurut Dony Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, pihaknya mempercayakan skema distribusi tenaga menggunakan transmisi AGS. Dengan menyematkan sistem transmisi ini, Suzuki mampu menghadirkan responsitivitas yang sama dengan transmisi manual tradisional, namun digabungkan dengan kenyamanan ala transmisi otomatis. Apabila ingin lebih merasakan transmisi manual, pengemudi bisa memanfaatkan mode manual yang disediakan.

Suzuki memutuskan untuk mengubah skema distribusi tenaga dari CVT dan otomatis menjadi AGS pada beberapa lini mobilnya. Di India, Suzuki menyematkan transmisi ini pada Celerio dan Baleno Hatchback. Hal ini bisa saja menjadi sebuah langkah bagi Suzuki ke arah kesuksesan. Meskipun demikian, transmisi AGS tetap perlu dilakukan beberapa penyempurnaan agar mobil lebih nyaman untuk dikendarai.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas