Amankah Membiarkan Cairan Disinfektan Mengering Sendiri di Cat Mobil?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 April 2020

momobil.id – Dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, penyemprotan cairan disinfektan merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan. Meski begitu, muncul pertanyaan apakah aman membiarkan cairan disinfektan yang menempel di cat mobil mengering sendiri?

Cairan disinfektan memang mampu mematikan virus dan bakteri. Namun cairan tersebut ternyata juga tidak ramah bagi cat mobil. Jika membiarkan cairan disinfektan mengering sendiri di cat mobil, efek yang bisa terjadi adalah timbulnya bercak atau water spot.

Menurut CEO Autoglaze Indonesia, Robby Kurnia, dampak awal cairan disinfektan bagi cat mobil adalah timbulnya bercak. Jika bercak ini dibiarkan cukup lama, maka dikhawatirkan akan semakin sulit dibersihkan. Karenanya, Robby menyarankan agar mobil dicuci setelah terkena penyemprotan disinfektan.

“Minimal dikeringkan dengan lap. Jangan sampai cairan disinfektan mengering sendiri dan dibiarkan dalam waktu lama,” ujar Robby seperti dilansir Kompas.com.

Saran serupa juga dikatakan oleh pemilik salon mobil Auto Blaze Depok, Wahyu Panca. Guna mencegah timbulnya bercak pada mobil cat mobil setelah disemprot disinfektan, pemilik kendaraan bisa membilasnya dengan air bersih. “Kalau merusak body sih tidak, karena kandungan klorin yang dipakai untuk disinfektan kadarnya rendah,” kata Wahyu seperti dilansir iNews.

Sementara itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT ADM, Bambang Supriyadi, menjelaskan bahwa hal yang peru diperhatikan pada cairan disinfektan adalah kandungan klorinnya. Idealnya, takaran yang tepat sekitar 1 ml kloring banding 10 ml air.

Baca juga: Hadapi Pandemi COVID-19, Toyota Siapkan Berbagai Program

“Sebenarnya yang harus diperhatikan komposisinya, jadi orang yang nyemprot harus paham kalau takarannya aman untuk bodi mobil. Kalau kadarnya sedikit tidak terlalu berpengaruh karena mobil juga dilapisi cat antikarat,” ujarnya seperti dilansir Kumparan.

Bambang juga menyarankan agar mobil yang terkena semprotan disinfektan segera dibilas dengan air bersih agar tidak meninggalkan noda dan menjadi jamur. Menurutnya hal tersebut merupakan antisipasi guna menjaga cat mobil tidak menjadi kusam.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas