Amankah Mengemudi Mobil Tanpa Alas Kaki?

Ditulis oleh : admin | 7 February 2022

Amankah Mengemudi Mobil Tanpa Alas Kaki?

momobil.id – Setiap orang tentunya memiliki gaya masing-masing saat mengemudi mobil. Biasanya, kebiasaan mengemudi tersebut membuat lebih nyaman ketika berkendara, terutama saat perjalanan jauh. Salah satu kebiasaan sebagian orang adalah mengemudi tanpa menggunakan alas kaki.

Kebiasaan mengemudi tidak menggunakan alas kaki ini bukan hanya dilakukan bagi pemula saja. Bagi sebagian orang, mengemudi sambil tidak menggunakan alas kaki bisa mendapatkan feeling yang tepat saat menginjak pedal. Namun, kebiasaan mengemudi ini tergolong berbahaya untuk dilakukan.

Resiko Kaki Selip Saat Mengemudi

Salah satu bahaya melepas alas kaki saat mengemudi adalah resiko kaki selip atau terpeleset saat menginjak pedal. Sebagian orang memiliki tipe kulit yang berbeda, dan lebih cepat berkeringat. Telapak kaki yag berkeringat tentunya membuat kaki lebih mudah selip atau terpeleset ketika sedang menginjak pedal.

Baca Juga: Sebaiknya Jangan Nyalakan Lampu Kabin Ketika Mengemudi, Ini Sebabnya

Potensi Kaki Cedera Saat Mengemudi Tanpa Mengggunakan Alas Kaki

Telapak kaki yang sensitif akan terganggu ketika ada kerikil tajam di sela-sela pedal. Hal ini tentunya akan mengganggu pengalaman berkendara. Selain itu, adanya kerikil dan kotoran yang menempel pada karpet dan bagian pedal dapat berpotensi bahaya terhadap kuku dan jari kaki, apalagi ketika berpindah pedal secara mendadak. Kuku dan jari kaki bisa saja cedera akibat kondisi ini. Selain itu, kondisi karpet yang kotor juga membuat telapak kaki menjadi tidak sehat.

Kaki Menjadi Mudah Lelah dan Kesemutan

Menyetir mobil tanpa alas kaki lama kelamaan dapat membuat kaki mudah lelah dan aliran darah pada jari-jari kaki menjadi kurang lancar. Tekanan pada pedal yang tidak beraturan tentunya dapat membuat kaki merasa pegal dan kesemutan. Hal ini tentunya berbahaya bagi pengemudi.

Munculnya Kapalan pada Telapak Kaki Saat Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Gesekan antara pedal dan telapak kaki yang terus menerus dapat membuat penebalan kulit kering pada telapak kaki, khususnya bagian tumit. Hal ini tentunya sangat mengganggu ketika mengemudi. Pengemudi akan merasakan permukaan kaki yang tidak rata ketika menginjak pedal.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas